Mengungkap Riwayat Bumi Lewat Laut Mati

Author - November 21, 2010

Mengungkap Riwayat Bumi Lewat Laut Matii-berita, Berita ini datang dari Israel yang mengadakan pengeboran terhadap laut mati yang bertujuan untuk mengungkap riwayat bumi ini selama 500.000 tahun terakhir. Sejumlah peneliti Israel kini sedang melakukan penggalian di bawah laut mati dengan alat khusus dengan cara dibor hingga kedalaman 1.200 meter. Laut Mati ini memang banyak dikisahkan dalam sejarah yang membentang di tiga wilayah Israel, Palestina dan Yordania.

Penggalian dilakukan di laut mati karena dinilai memiliki tingkat lapisan sedimen yang paling rendah di bumi. Berharap dari pengeboran tersebut dapat memberikan banyak hal seperti petunjuk tentang pergeseran pola cuaca, kegiatan seismic, dan perubahan iklim pada zamannya. Posisi pengeboran berada di sebuah teluk kecil di utara Laut Mati. Setelah diekstrak, lapisan contoh tanah itu akan diperiksa dengan teknologi resolusi tinggi. Dari sedimen ini, peneliti diharapkan mendapat petunjuk tentang perubahan lingkungan Bumi saat itu.

Bahkan, sedimen itu diperkirakan bisa memberikan informasi rinci tentang cuaca buruk atau kegiatan seismik utama pada masanya. Juga bisa memberikan wawasan tentang migrasi manusia di dalam dan luar daerah.

“Kami percaya bahwa hasil dari proyek ini akan memiliki implikasi luas dalam bidang ilmu pengetahuan dan lingkungan. Dan akan menjelaskan sumber daya alam baru,” Zvi Ben-Abraham, profesor di Tel Aviv University.

Comments Closed

Comments are closed.