1.132 TKI Ilegal Diusir dari Malaysia

Author - November 27, 2010

1.132 TKI Ilegal Diusir dari Malaysiai-berita.com, Selama November 2010 Pemerintah Malaysia telah mengusir 1.132 tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal dari Pelabuhan Pasir Gudang, Johor Bahru, menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Demikian dikatakan Kepala Imigrasi Tanjungpinang Surya Pranata, Jumat (26/11).

Hari ini, jumlah TKI bermasalah yang dipulangkan ke Indonesia melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura sebanyak 150 orang, dan pengusiran terhadap TKI bermasalah itu tergantung kebijakan Pemerintah Malaysia.” Kata Surya.

Surya mengatakan, jumlah TKI bermasalah yang diusir Pemerintah Malaysia pada 2009 lalu lebih dari 32.000 orang, pada 2008 sebanyak 35.143 orang, dan pada 2007 sebanyak 34.652 orang. Hingga sekarang, setiap pekan Pemerintah Malaysia mengusir ratusan TKI ilegal dari Pelabuhan Pasir Gudang menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura.

“Mereka tinggal sementara waktu di penampungan TKI bermasalah sebelum dipulangkan ke kampung halamannya,” ujar Surya.

TKI bermasalah tidak mengantongi dokumen kependudukan ketika diusir Pemerintah Malaysia. Bahkan, di antara mereka tidak memiliki uang lagi. Mereka hanya membawa pakaian yang melekat di tubuhnya. “Kemungkinan mereka bukan berasal dari Provinsi Kepulauan Riau,” kata Surya.

Surya mengemukakan, jumlah calon TKI yang membuat paspor di Tanjungpinang mengalami penurunan sejak pemerintah melarang TKI bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Malaysia. Saat ini, katanya, jumlah calon TKI yang membuat paspor di Tanjungpinang tidak mencapai 150 orang dalam setiap bulan.(Noer)

Comments Closed

Comments are closed.