1 Agustus, KTP Elektronik Mulai Diberlakukan Di Jakarta

Author - July 19, 2011

i-Berita 1 Agustus 2011 nanti pemerintah DKI Jakarta mulai memberlakukan penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP. Ini bertujuan untuk menjaga otentifikasi data penduduk, menertibkan administrasi kependudukan dan akurasi jumlah penduduk.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Purba Hutapea mengatakan, e-KTP akan digunakan oleh lebih dari 7 juta wajib KTP di Jakarta. Dalam e-KTP terkandung bagian pengaman yang tak dimiliki orang lain seperti chip, termasuk sidik jari, tanda tangan, pas foto serta nomor induk kependudukan (NIK) si pemilik. Sehingga diharapkan tak ada peniruan atau pemalsuan yang menyebabkan KTP ganda.

“Dengan sistem ini, yang akan membuat KTP atau identitas ganda akan langsung ditolak, karena secara otomatis sistem akan mengetahui sidik jari,” jelas Purba dikutip dari vivanews, Selasa, 19/7/2011.

Untuk proses pembuatannya, Purba menjelaskan, satu orang akan dilayani hanya dalam waktu empat menit dengan menggunakan alat yang dihibahkan Mendagri. Sehingga, tambahnya, dalam satu hari, satu alat akan disebar ke seluruh kelurahan yang ada di Jakarta agar dapat menyelesaikan e-KTP untuk 150 orang. Dalam dua minggu, e-KTP sudah dapat diterima oleh warga.

Comments Closed

Comments are closed.