10 Cara Menghadapi Nyeri Punggung

Author - March 28, 2011

10 Cara Menghadapi Nyeri Punggung – Nyeri punggung merupakan salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan oleh orang-orang.Selain menyiksa,nyeri punggung juga mengganggu konsentrasi saat bekerja.Agar penyakit ini tidak muncul alangkah baiknya anda menyembuhkannya dengan cara bijak seperti cara-cara berikut.

Dikutip dari dailymail berikut cara bijak untuk menghadapi nyeri punggung agar tidak hanya sembuh tetapi sekaligus agar tidak sering kambuh :

1. Jangan panik
Sebagian besar nyeri punggung hanya berlangsung singkat dan akan segera hilang. Tidak perlu panik, lebih baik mulai membiasakan diri untuk menghadapi serangan berikutnya karena nyeri punggung biasanya bersifat kambuhan.

2. Kenali jenisnya
Ada 2 jenis nyeri punggung, yakni yang bersifat akut serta kronis. Nyeri akut bisa kambuh berkali-kali selama jangka waktu tertentu, namun biasanya tidak lebih dari 6 pekan. Nyeri kronis bertahan lebih lama dan tidak hilang dengan sendirinya, sehingga perlu diperiksakan ke dokter.

3. Jangan terlalu lama diistirahatkan
Nyeri punggung justru akan semakin parah jika terlalu lama diistirahatkan, bahkan bisa menyebabkan sendi mengalami kekakuan, tulang dan otot melemah serta depresi. Istirahat total jangan lebih dari 1-2 hari, agar punggung tidak mengalami tekanan berlebih karena terlalu lama berbaring.

4. Buat catatan
Setiap kali mengalami serangan nyeri punggung, catat waktunya beserta aktivitas yang diduga sebagai pemicunya. Lama kelamaan akan terlihat polanya, sehingga serangan berikutnya bisa diprediksi dan diantisipasi.

5. Berikan terapi hangat
Losion atau salep berisi rubefacient jika dioleskan akan menghasilkan panas yang bisa meredakan gejala nyeri punggung. Alternatifnya, gunakan salep capcaisin yang tak hanya panas tapi juga pedas karena dibuat dari sari cabai.

6. Seimbangkan pemakaian tangan kanan dan kiri
Penelitian menunjukkan, penggunaan tangan kanan dan kiri secara seimbang sehingga tidak ada salah satu yang lebih dominan (ambidexterity) cukup efektif mengurangi gejala nyeri punggung. Awalnya memang susah dilakukan, tetapi kemampuan ini perlahan-lahan bisa dilatih.

7. Perkuat otot perut
Dalam menananggung beban tubuh bagian atas, tulang punggung banyak dibantu oleh otot perut. Oleh karenanya, otot perut yang kuat bisa mengurangi risiko nyeri punggung akibat kelebihan beban.

8. Perbanyak nutrisi antinyeri
Beberapa bumbu dapur mengandung nutrisi yang berkhasiat sebagai antinyeri alami. Kunyit mengandung kurkumin dan hidrokortison (steroid alami untuk meredakan nyeri), sementara jahe mengandung senyawa gingerol yang sama ampuhnya sebagai pereda nyeri. Omega-3 dalam minyak ikan, kalsium dan vitamin D juga bisa memperkuat tulang meski tidak secara langsung meredakan nyeri.

9. Jangan menyimpan dendam
Emosi negatif memberikan efek sangat buruk bagi nyeri punggung. Rasa dendam, kemarahan, penyesalan yang berlarut-larut serta rasa cemburu seringkali menjadi pemicu nyeri yang sebenarnya bisa dihindari dengan cara mengontrol emosi.

10. Atasi dengan hidroterapi
Berendam dalam air hangat bisa mengurangi radang yang memicu nyeri punggung. Efeknya bisa lebih maksimal jika disemburkan dari berbagai sisi, seperti ketika berendam di dalam jacuzzi.

Comments Closed

Comments are closed.