4.000 Pulau Di Indonesia Terancam Lenyap

Author - November 30, 2010

4.000 Pulau Di Indonesia Terancam Lenyapi-berita, Mengapa 4.000 Pulau di Indonesia terancam lenyap? Ini pasti akan membuat anda bertanya-tanya terlebih lagi bagi warga Indonesia. Ancaman itu datang setelah terlihat perubahan iklim yang tak menentu yang disebabkan oleh pemanasan global. Itu terlihat dari naiknya permukaan air laut sedikit demi sedikit yang memungkinkan dapat membuat pulau-pulau di Indonesia terancam lenyap karena tenggelam oleh permukaan air yang semakin meningkat.

Wacana ini diberitakan oleh utusan khusus kepala unit kerja presiden untuk pengendalian dan pengawasan pembangunan (UKP4), William Sabandar. Menurutnya, ancaman hilangnya ribuan pulau di Indonesia bisa saja terjadi jika permukaan air laut naik hingga dua meter. Hal itu jelas tidak dapat dihindari jika kita tidak membuat tindakan sedini mungkin, karena proses ini membutuhkan waktu yang lama dan jika terus dibiarkan, kemungkinan itu akan terjadi seperti yang terjadi pada ribuan tahun silam saat gunung es mencair.

Perubahan iklim yang terjadi saat ini, bisa juga dilihat dari suhu bumi yang semakin panas dengan peningkatan sebesar 0,7 derajat celcius dari kondisi 100 tahun yang lalu. Perubahan iklim pun terlihat dari sulitnya untuk menentukan musim hujan dan musim panas. Jika dahulu, musim hujan akan terjadi pada bulan-bulan akhir. Namun sekarang, tidak dapat dipastikan kedua musim itu. Menurut William, untuk mengurangi ancaman kemungkinan tersebut, dapat diupayakan dengan cara mitigasi perubahan iklim dan juga adaptasi perubahan iklim.

Comments Closed

Comments are closed.