Akhirnya Terungkap Penyebab Jatuhnya Pesawat Presiden Polandia

Author - July 30, 2011

i-Berita – Penyebab kecelakaan pesawat yang menewaskan Presiden Polandia, Lech Kaczynski, beserta 100 orang lainnya pada 2010 lalu akhirnya terungkap. Dalam pemberitaan CNN pada Jumat 29 Juli 2011 menyebutkan, jatuhnya pesawat naas itu diduga disebabkan oleh kesalahan pilot.

“Para awak pesawat belum siap bertugas mengingat kerumitan situasi yang dialami selama penerbangan terakhir mereka. Komandan pesawat, co-pilot, dan navigator dilatih secara terburu-buru, sembarangan, dan melanggar peraturan pelatihan masing-masing.”

Selain kesalahan awak pesawat, dalam pemberitaan itu juga menyebutkan bahwa cuaca buruk di bandara Smolensk juga ditengarai turut menjadi penyebab kecelakaan. Hal ini terungkap setelah hasil laporan investigasi yang dibeberkan Jumat 29/7/2011.

Laporan setebal 328 halaman tersebut juga menyorot masalah komunikasi antara awak Polandia dan pengontrol lalin udara Rusia di bandara Smolensk.

Petugas pengawas landasan diyakini tetap menginformasikan posisi pendaratan yang tepat pada pesawat nahas tersebut, tanpa tahu kalau pesawat tersebut sebenarnya berada dalam posisi yang salah.

Situasi diperparah dengan kekurangtahuan awak pesawat mengenai sistem pesawat dan batas-batasnya, serta kurang memadainya kontrol antar awak.

“Selain itu, kurang terlihatnya pengendalian lalu lintas udara akibat cuaca buruk serta pencahayaan bandara yang buruk dan pohon pada landasan pacu yang terlalu tinggi turut menjadi penyebab,” tulis laporan itu.

Seharusnya, para awak memutuskan untuk mencari jalur alternatif atau mendarat di bandara lain saat mendapat peringatan tentang cuaca buruk di Smolensk, kata Komisi Penerbangan Antarnegara.

Seperti yang diketahui, pada April 2010, Pesawat Tupolev Tu-154 yang ditumpangi rombongan Presiden Polandia, Lech Kaczynski, jatuh di kawasan hutan yang berjarak sekitar 1,3 mil atau 2 kilometer dari bandara Smolensk, Rusia Barat. Pesawat yang mengangkut 96 penumpang itu jatuh dan terbakar sekitar pukul 11.00 waktu setempat atau sekitar pukul 14.00, Sabtu, 10 April 2010, setelah menjalani penerbangan sekitar 1,5 jam dari bandara Warsawa, Polandia.

Tak hanya presiden, Ibu Negara, dan sejumlah pejabat tinggi Polandia juga tewas. Mereka antara lain, Deputi Menteri Luar Negeri, Kepala Keamanan Nasional, Deputi Parlemen, Komisioner HAM.

Comments Closed

Comments are closed.