Amerika Turut Prihatin Dengan Demo Yang Terjadi Di Malaysia

Author - July 14, 2011

i-Berita – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat lewat situs resminya menyampaikan keprihatinan pemerintahnya atas kericuhan yang terjadi pada demo menuntut pemilu bersih di Malaysia pekan lalu. AS menyebutkan akan mendukung hak-hak rakyat untuk mengekspresikan aspirasi demokratis dan pandangan mereka dengan bebas.

“Kami prihatin. Karena jelas AS mendukung hak-hak rakyat untuk mengekspresikan aspirasi demokratis dan pandangan mereka dengan bebas,” kata Kemenlu AS, Mark Toner seperti dikutip dari vivanews,Rabu, 13/7/2011.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sabtu pekan lalu saat puluhan ribu massa oposisi yang tergabung dalam gerakan Bersih 2.0 turun ke jalan di Kuala Lumpur. Lebih dari 1.600 orang ditahan, puluhan lainnya terluka. Pemerintah Malaysia menuding demo tersebut adalah upaya merusak citra Malaysia.

AS juga sering mengkritik represi yang diterapkan pemerintah Malaysia terhadap oposisi dan media. AS juga prihatin atas perlakuan terhadap Anwar Ibrahim saat ditahan atas dugaan sodomi tahun 2000 lalu.

Comments Closed

Comments are closed.