AS Peringati Hari Martin Luther King Jr

Author - January 19, 2011

AS Peringati Hari Martin Luther King Jri-berita, Martin Luther King Jr adalah seorang juru bicara gerakan non-kekerasan untuk memperjuangkan hak-hak sipil. Protes yang ia keluarkan atas diskriminasi rasial dalam hukum federal dan negara bagian membuat hidupnya terancam hingga akhirnya Dr King (julukan Martin Luther King) tewas dibunuh di Memphis, Tennessee pada tahun 1968. Perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak warga berkulit hitam ke warga berkulit putih patut dihormati. Maka dari itu, sempat hari setelah terjadi peristiwa pembunuhan atas dirinya, pemerintahan Amerika Serikat telah menjadikan hari ulang tahun Dr King sebagai libur nasional untuk memperingati hari ulang tahun sekaligus jasa-jasa pendeta Martin Luther King. Hari libur itu jatuh pada hari senin ketiga bulan Januari, sekitar tanggal 15 Januari.

Hari Martin Luther King adalah satu-satunya hari libur federal di Amerika Serikat yang memperingati orang Afrika-Amerika. Hari Martin Luther King mulai diresmikan pada pemerintaha presiden Ronald Reagan seusai menandatangani undang-undang Hari Martin Luther King Jr pada 2 November 1983. Pada awalnya, sejumlah negara bagian bahkan menolak hari libur federal untuk Martin Luther King Jr., termasuk menyarankan nama lain atau menggabungkannya dengan hari libur lain. Hingga tahun 1989, Hari Martin Luther King Jr. hanya diterima oleh sejumlah 44 negara bagian, dan baru pertama kali dirayakan secara resmi di 50 negara bagian pada tahun 2000.

Pada perayaan memperingati hari MLK (Martin Luther King) tahun ini, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan istrinya Michelle dijadwalkan berpartisipasi dalam sebuah acara hari ini di Washington, sementara para anggota kabinet menghadiri berbagai acara lain di seluruh Amerika.

Comments Closed

Comments are closed.