Awas Kutu Air Mudah Menular

Author - February 22, 2011

Awas Kutu Air Mudah Menular – Jangan pernah menganggap penyakit yang bernama athelete’s foot atau kutu air ini sepele,pasalnya penyakit ini bisa menular kesiapa saja.Untuk itu,anda diharuskan menjaga kebersihan dan jika anda terkena segera obati agar tidak tertular kepada orang terdekat anda.

Penyakit kutu air disebabkan oleh jamur yang berkembang di daerah lembab antara jari-jari kaki dan kadang pada bagian kaki lainnya. Kondisi ini disebabkan oleh jamur Tinea pedis yang menyebabkan gatal-gatal, rasa menyengat dan seperti terbakar.

Dilansir dari detik gejala awal dari penyakit ini adalah rasa gatal di jari-jari atau telapak kaki, rasa gatal seperti melepuh, kulit yang mengelupas terutama di jari kaki dan telapak kaki, kulit kering di bagian bawah atau sisi samping kaki serta kuku kaki yang tebal dan rapuh.

Biasaya jamur ini tumbuh saat kita menggunakan sepatu yang terlalu ketat sehingga jari-jari kaki menjadi hangat atau lembab, serta menggunakan kaus kaki dan sepatu yang basah atau lembab. Hal ini karena lingkungan tersebut sangat mendukung pertumbuhan organisme seperti jamur.

Cara penularannya sendiri,melalui permukaan yang terkontaminasi oleh orang yang terkena penyakit ini seperti handuk, lantai atau sepatu yang dipakai secara bergantian.

Untuk menghindari penyakit kutu air ini,ada beberapa cara yang dapat anda lakukan :

1. Biasakan untuk mengeringkan kaki terlebih dahulu sebelum menggunakan kaus kaki, sepatu atau sandal tertutup.
2. Gunakan kaus kaki yang terbuat dari bahan alami seperti katun sehingga bisa menarik kelembaban dari kaki
3. Ganti kaus kaki atau stoking secara teratur, jika kaki mudah berkeringat gantilah dua kali dalam sehari.
4. Gunakan sepatu yang memiliki ventilasi udara baik, serta hindari sepatu berbahan sintetis
5. Gunakan sandal atau sepatu tahan air jika berada di dalam kamar mandi umum, kolam renang, pusat kebugaran atau tempat umum lainnya.
6. Jangan pernah menggunakan kaus kaki atau sepatu secara bergantian dengan orang lain atau teman.

Comments Closed

Comments are closed.