Ayin Berziarah ke Makam Gus Dur Setelah Bebas

Author - January 29, 2011

Ayin Berziarah ke Makam Gus Dur Setelah Bebasi-berita, Setelah Ayin menghirup udara bebas pada kemarin pagi (28/1/2011), ia berencana untuk berziarah ke makam seorang teman dekatnya yang juga sebagai mantan Presiden yaitu Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang, Jawa Timur. Rencana tersebut dibenarkan oleh pengacara Ayin, OC Kaligis sesaat setelah Ayin keluar dari tahanan. “Dia kan ziarah ke makam Gus Dur di Tebu Ireng, Jombang,” ujar Kaligis saat di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Tangerang, Banten saat mendampingi Ayin meninggalkan lapas.

Hal tersebut juga diakui oleh seorang mantan Juru Bicara Presiden Abdurrahman Wahid, Adi Massardi. Ia mengatakan bahwa hubungan antara Ayin dan Gus Dur memang sangat dekat sebagai seorang teman. Maka dari itu, wajar saja jika tujuan pertama Ayin setelah keluar dari penjara yaitu dengan segera berkunjung ke makam Gus Dur. Bagi Ayin, sosok Gus Dur sangat membantunya, bahkan hanya Gus Dur yang menjenguknya dan peduli padanya saat terjerat kasus penyuapan.

Kedekatan Ayin dan Gus Dur, kata Adi, terbukti dengan pernah dimintanya Ayin oleh Gus Dur menjadi bendahara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang didirikan Gus Dur. Namun Ayin urung menjadi bendahara PKB, karena Ayin sudah aktif di Golkar lebih dulu.

Bahkan, kata Adi, saat Gus Dur meninggal, sebetulnya Ayin sangat ingin melayat. Waktu Gus Dur meninggal, Ayin sangat ingin dateng, tapi kan nggak mungkin karena dia di tahanan,” tutur Adi.
“Semua orang sama gus dur itu selalu dekat, Sampai waktu itu ayin pernah mau diangkat jadi bendahara PKB. Sampai-sampai urusan pribadi saja Ayin bisa cerita ke Gus Dur,” tutur Adi lagi.

Comments Closed

Comments are closed.