Bambang Widjojanto

Author - August 27, 2010

Bambang Widjojanto. Panitia seleksi calon pengganti pimpinan KPK menetapkan Muhammad Busyro Muqoddas dan Bambang Widjojanto sebagai dua kandidat pengganti pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi dengan masa jabatan 4 tahun yang akan diseleksi oleh DPR.
Bambang Widjojanto
Ketua Pansel Patrialis Akbar mengatakan dua kandidat tersebut dipilih secara aklamasi oleh 13 orang yang masuk dalam tim penyeleksi pimpinan KPK, dan keseluruhannya sudah menyetujui pencalonan Muqoddas dan Bambang.

“13 Anggota Pansel menyetujui secara aklamasi dan dari penilaian keseluruhan menetapkan Muqoddas dan Widjojanto,” kata  Patrialis Akbar, Ketua Tim Pansel, seusai tim itu menjumpai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Presiden, hari ini.

Pansel teridiri atas Patrialis Akbar (Ketua), M.H. Ritonga dan Soeharto (Wakil Ketua), Achmad Ubbe (Sekretaris merangkap Anggota), dan anggota lainnya yaitu Todung Mulya Lubis, Basrief Arief, Rhenald Kasali, Akhiar Salmi, Erry Riyana Hardjapamekas, Muh. Fajrul Falaakh, Ichlasul Amal, Hariyadi B. Sukamdani, dan Ahmad Syafii Maarif.

Penyeleksian tersebut dimulai dengan jumlah 287 calon yang melamar, namun hanya 147 orang yang memenuhi kelengkapan administrasi. Kemudian, dua dari 147 orang tersebut mengundurkan diri. Lalu, dari 145 orang yang mengikuti proses seleksi  yang lulus penilaian makalah ada 12 orang, selanjutnya yang lolos sampai proses wawancara hanya tujuh calon.

Tujuh kandidat pimpinan KPK yang lolos tahap wawancara itu adalah Bambang Widjojanto (pengacara), Chaerul Rasjid (mantan Kapolda Jateng), I Wayan Sudirta (anggota DPD), Jimly Asshiddiqie (mantan Ketua Mahkamah Konstitusi), Melli Darsa (advokat), Muhammad Busjro Muqoddas (Ketua Komisi Yudisial), dan Sutan Bagindo Fachmi (jaksa aktif).

Akhirnya, kandidat yang lolos tahapan seleksi oleh pansel yang bekerja selama 3,5 bulan terakhir ini adalah Bambang Widjojanto dan Muhammad Busjro Muqoddas.

Comments Closed

Comments are closed.