Bayar 1 Juta Dollar, Strauss-Kahn Jadi Tahanan Rumah

Author - May 20, 2011

Bayar 1 Juta Dollar, Strauss-Kahn Jadi Tahanan Rumahi-berita, Tersangka kasus pelecehan seksual terhadap seorang pelayan hotel, Dominique Strauss-Kahn yang juga sebagai mantan direktur IMF menjadi tahanan rumah setelah membayar jaminan sebesar 1 juta dollar secara tunai kepada pengadilan. Meski begitu, Strauss tetap mendapatkan pengamanan super ketat dari pihak keamanan. Selain itu, ia juga diwajibkan untuk memberikan obligasi sebesar 5 juta dollar, serta memakai gelang elektronik. Seluruh dokumen-dokumen perjalanan yang ia miliki juga wajib diserahkan.

Namun Strauss masih harus menghabiskan satu malam lagi di penjara karena penandatanganan uang jaminan tersebut baru akan berlaku mulai Jumat waktu setempat. Pengacara Strauss, William Taylor berhasil meyakinkan hakim untuk mengabulkan permintaan kliennya.

Ia menyatakan bahwa kliennya adalah seorang yang terhormat sehingga tidak akan mungkin untuk melarikan diri ke luar negeri. “Kami sangat senang dengan keputusan hakim karena mengabulkan permohonan kami, ini adalah sebuah kemajuan besar bagi dia dan keluarganya, sehingga mereka bisa berkumpul bersama,” ujar William Taylor kepada para wartawan.

Dengan kondisi ini, Strauss akan dikurung selama 24 jam di dalam sebuah apartemen di New York yang dilengkapi kamera video dan pengamanan bersenjata lengkap. Untuk memenuhi pengamanan ketat yang disyaratkan dalam perjanjian ini, diperkirakan akan memakan dana 200 ribu US dollar per bulan.

Strauss-Kahn yang telah menjabat sebagai Direktur IMF sejak tahun 2007 pada Minggu, 15 Mei lalu dicokok polisi AS ketika berada di bandara John F. Kennedy sesaat sebelum bertolak ke Prancis. Strauss-Kahn ditangkap setelah ada laporan serangan seksual kepada seorang pelayan wanita, Sofitel New York berusia 32 tahun. Strauss-Kahn berada di kamar hotel bertarif US$ 3.000 per malam itu untuk urusan bisnis.

Menurut kepolisian, Strauss-Kahn melakukan penyerangan secara seksual dan percobaan perkosaan terhadap pelayan wanita itu pada siang hari. Strauss-Kahn kini meringkuk di penjara Rikers Island, setelah pembayaran jaminannya ditolak. Pengacara Strauss-Kahn membantah tudingan tersebut, dengan mengatakan Strauss-Kahn sudah check-out dari hotel ketika serangan seksual atas pelayan itu terjadi.

Comments Closed

Comments are closed.