Benarkah Bianca Yang Ada Dilukisan Mona Lisa?

Author - January 12, 2011

Benarkah Bianca Yang Ada Dilukisan Mona Lisa – Lukisan karya Leonardo Da Vinci ‘Mona Lisa’ begitu fenomenal,hingga para peneliti ingin sekali membuka tabir tetang senyum manis yang ada dilukisan tersebut.Seperti diberitakan sejarahwan seni Italia mengklaim telah memecehkan misteri tersebut.

Selama berabad-abad, senyum Mosa Lisa memang membuat penasaran para ahli dan penikmat seni. Hingga melahirkan banyak teori atas karya fenomenal Da Vinci itu. Misal bulan lalu, sejumlah angka dan huruf ditemukan di mata Mona Lisa dan jembatan di latarnya.

Dikutip dari laman inilah.com 10/1/2011 sejarawan Carla Glori mengatakan jembatan di lukisan itu melintang di atas Sungai Trebbia di Bobbio, dekat Piacenza. Sehingga Glori yakin perempuan manis dalam lukisan itu adalah Bianca Giovanna Sforza, putri Ludovico il Moro, bangsawan Bobbio 500 tahun lalu.

Huruf ‘S’ dan ‘G’ yang ditemukan bulan lalu di mata Mona Lisa, merupakan inisial Bianca. “Dari penelitian, saya mengidentifikasi subyek sebagai Bianca Sforza. Jembatan di latar merupakan jembatan di Sungai Trebbia di Bobbio”.

“Nampaknya Da Vinci mengunjungi Bobbio karena perpustakaan terkenalnya dan ia melukis gambar dari ingatannya beberapa tahun lalu ketika ia tinggal di Prancis,” tambahnya.

Penduduk Bobbio juga yakin bahwa jembatan itu memiliki struktur serupa dengan jembatan di sana. Jembatan ‘Devil’s Bridge’ ini terkenal sebagai jembatan terindah dunia yang terletak di lembah Bobbio.

Namun, pensiunan profesor Oxford University Martin Kemp yang ahli Da Vinci, tak yakin akan teori Glori. “Banyak usaha mengidentifikasi pemandangan di lukisan itu dan saya tak menemukan kemiripannya dengan jembatan Bobbio.”

Comments Closed

Comments are closed.