Berikut Penyebab Urine Berbau Tak Sedap

Author - March 25, 2011

Berikut Penyebab Urine Berbau Tak Sedap – Jika anda buang air kecil apakah merasakan bau tak sedap pada urine anda?.Jika ia berarti kondisi tubuh anda tidak stabil.Biasanya bau ini muncul karena tubuh anda mengalami dihidrasi karena kurang minum air putih.

Dalam masalah ini biasanya wanita yang lebih mengetahui. Wanita paling sering menyadari bau yang kuat, tajam, menyengat dan busuk pada urine. Jika hanya terjadi beberapa kali, hal tersebut mungkin hanya pengaruh dari makanan yang dimakan, tetapi jika bau pada urine terjadi berkepanjangan, maka hal itu bisa menandakan suatu masalah kesehatan yang perlu diperhatikan.

Ada banyak penyebab terjadinya bau pada urine.Salah satunya kandungan amonia yang berlebih pada urine. Kurang minum dan dehidrasi adalah penyebab paling umum untuk bau urine yang menyengat. Air berperan sangat penting untuk menjalankan fungsi tubuh yang normal.

Selain kurang minum ada beberapa faktor yang membuat urine berbau,berikut ulasannya :

1. Infeksi saluran kemih
Alasan lain urine berbau tak sedap adalah infeksi saluran kemih. Setiap wanita mengalami infeksi saluran kemih setidaknya sekali seumur hidup. Kondisi ini cukup mudah didiagnosa dan diobati.

2. Infeksi vagina
Infeksi vagina juga bisa menjadi penyebab bau menyengat pada urine. Sebenarnya bau yang tidak sedap tersebut berasal dari vagina. Jadi seringkali urine yang berbau tidak sedap disertai denhan rasa terbakar dan gatal pada vagina.

3. Obat atau makanan
Kadang-kadang makanan atau obat-obatan tertentu bertanggung jawab untuk bau urine yang tidak sedap. Misalnya, asparagus, jengkol atau petai adalah salah satu makanan yang menyebabkan bau busuk pada urine.

Comments Closed

Comments are closed.