Bromo, Status Awas!

Author - November 26, 2010

Bromo, Status Awas!i-berita.com, Setelah kemarin (25/11) Sempat terjadi gempa vulkanik tipe b selama puluhan kali, kini status Gunung Bromo telah dinaikkan menjadi awas beberapa waktu lalu. Kementerian Kesehatan mulai melakukan persiapan sebagai langkah antisipasi terjadinya pengungsi di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur.

“Telah dilakukan penilaian kesiapan kesehatan pada empat kabupaten yaitu Situbondo, Banyuwangi, Probolinggo, dan Lumajang. Penilaian ini mencakup kemungkinan wilayah pengungsian, potensi risiko, sarana kesehatan, sumber daya yang tersedia dan lain-lain,” ujar Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama melalui surat elektroniknya yang diterima di Jakarta, Jumat (26/11).

Tjandra menyebut saat ini juga sedang dilakukan penyusunan rencana kontingensi sebagai persiapan pemantauan lapangan pada desa-desa terdepan di kabupaten Probolinggo, Pasuruan, dan Malang yang mungkin disiapkan untuk lokasi pengungsian.

Sementara itu, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Surabaya juga telah melakukan penilaian cepat kesiapan kesehatan untuk mengantisipasi terjadinya letusan gunung Bromo.

“Juga telah dilakukan identifikasi logistik dan biaya operasional yang tersedia di BBTKL-PPM Surabaya dan telah dilakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk koordinasi pengerahan sumberdaya,” ujar Tjandra. (Joe)

Comments Closed

Comments are closed.