Cabai China Kalahkan Cabai Lokal?

Author - April 23, 2011

Cabai China Kalahkan Cabai Lokal – Saat ini produk China mulai mengobrak-abrik semua produk lokal, baik dari elektronik sampai dengan bahan pangan. Dengan banyaknya bahan pangan yang masuk, mungkinkah Cabai juga dikalahkan oleh China?

Menyangkut masalah ini, Ekonom dari Universitas Indonesia Faisal Basri mengatakan, seharusnya tak mungkin Indonesia kalah dari China.
Karena, Indonesia mempunyai 2 musim sehingga cabai seharusnya bisa dipanen sepanjang tahun. Sedangkan China negara dengan 4 musim.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga mengakui adanya impor cabai yang dilakukan oleh importir umum di Indonesia. Importasi cabai itu dilakukan via pesawat terbang dengan waktu hanya 3-4 jam saja.

Sebenarnya tidak hanya Indonesia yang terkena serangan produk impor dari China. Beberpa negara di ASEAN juag mengalami hal yang sama, namun hanya Indonesia saja yang mengeluh dengan membanjirnya produk dari China.

Seperti diketahui, Menteri Pertanian Suswono sebelumnya mengakui, pasar lokal terus dibanjiri buah-buahan asal China yang harganya jauh lebih murah dari buah-buahan lokal. Ini menyebabkan Indonesia tekor US$ 600 Juta berdagang buah-buahan dengan China.

Serbuan buah-buahan dari China makin deras karena harganya lebih murah dari buah lokal. Impor produk-produk pangan Indonesia setiap tahun memang makin tak terbendung dan sudah pada tahap kronis. Hampir 65% dari semua kebutuhan pangan didalam negeri kini dipenuhi dari impor.

Comments Closed

Comments are closed.