China Bangun Kota Terbesar di Dunia

Author - January 29, 2011

China Bangun Kota Terbesar di Duniai-berita, Berambisi untuk menjadi negara terbesar, China berencana untuk menyatukan sembilan kota guna merealisasikan keinginannya untuk menciptakan kota metropolitan terbesar di dunia dengan populasi mencapai 42 juta jiwa. Dalam proyek yang dinamai dengan ‘Turn The Pearl River Delta Into One’ itu rencananya akan meliputi wailayah perkotaan seluas 25.749 km persegi. Area tersebut juga akan meliputi sebagian besar pusat utama industri China seperti Guangzhou, Shenzhen, Foshan, Dongguan, Zhongshan, Zhuhai, Jiangmenm, Huizhou dan Zhaoqing.

Diperkirakan, sembilan kota ini akan bergabung pada enam tahun ke depan dan nantinya sembilan kota yang menjadi satu itu akan menyumbang 10% perekonomian negara. Selain itu, sekitar 150 transportasi utama, energi, air, dan jaringan telekomunikasi juga akan bergabung. “Idenya, ketika kota-kota terintegrasi warga dapat bepergian di sekitarnya dengan bebas,” kata perencana utama Guangdong Rural and Urban Planning Institute, Ma Xiangming.

Polusi Pearl River Delta menjadi isu kunci industrialisasi yang akan ditangani melalui kebijakan bersatu. Harga bensin dan listrik akan dibakukan pula. British Chamber of Commerce meramalkan US$ 1,08 triliun (Rp9 kuantiliun) akan disuntikkan ke dalam pengembangan perkotaan selama lima tahun ke depan itu. Hal tersebut bersamaan dengan US$ 473 juta (Rp 4,2 triliun) suntikan untuk rel kereta api peluru dan US$ 110 juta (Rp 991 miliar) untuk transportasi kota tambahan.

Comments Closed

Comments are closed.