Desa Zona Bahaya Gunung Sinabung. Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera utara, Senin (30/8/2010) dini hari dalam kondisi stabil. Namun, 31 desa berada dalam zona bahaya karena terletak dekat dengan pusat letusan.
Desa Zona Bahaya Gunung Sinabung
“Berdasarkan deteksi seismograf yang dipasang tim vulkanologi di Uruk Tuhan, Desa Bekerah, aktivitas Gunung Sinabung masih dalam kondisi stabil,” kata anggota Team Vulkanologi sekaligus Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Pemerintah Kabupaten Karo, Hendri Ginting,  di posko utama penanggulangan bencana, Kabanjahe, Minggu, (29/08/2010).

Namun Pemkab Tanah karo mengimbau seluruh warga yang tinggal di wilayah sekitar gunung tetap berada di lokasi pengungsian. “Kami tidak mau ambil risiko,” ujarnya.

Sebanyak 31 desa dari empat kecamatan di Kabupaten Karo berada di zona bahaya letusan Gunung Sinabung. Menurut data yang tertera di posko utama penanggulangan bencana, 12 desa di antaranya berada dalam status Siaga I karena berjarak sekitar 6 km dari Gunung Sinabung.

Sampai berita ini diturunkan jumlah pengungsi mencapai 21.054 jiwa. “Jumlah itu kemungkinan akan meningkat jika situasinya semakin memburuk,” kata Kepala Bidang Humas Kabupaten Karo Jhonson Tarigan.

Jumlah bantuan untuk para pengungsi datang dari berbagai kalangan masyarakat. Bantuan tersebut berupa air mineral, selimut, dan kebutuhan pokok lainnya. Pemerintah Pusat melalui Menko Kesra Agung Laksono yang datang ke posko utama penanggulangan bencana memberikan bantuan senilai Rp 500 juta.

“Dengan catatan Rp 300 juta untuk Pemprov Sumatra Utara dan Rp 200 Juta untuk Pemkab Karo dalam rangka menanggulangi bencana dan kebutuhan pengungsi. Kami masih mengharapkan partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk memberikan bantuannya,” ujar Jhonson.