Ditemukan Kapal VOC Abad XVI Di Mentawai

Author - December 23, 2010

Ditemukan Kapal VOC Abad XVI Di Mentawai – Setelah Tsunami menerjang Kepulauan Mentawai 25 Oktober 2010 lalu, sebuah kapal kuno yang di duga milik VOC serikat dagang Belanda di temukan.

Dikutip dari vivanews Bangkai kapal sepanjang 50 meter itu tak sengaja ditemukan di perairan dangkal sedalam 18 meter di dekat Pulau Sandiang, Pagai Selatan, Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat.
Kondisi kapal relatif bagus, bahkan satu tiang di bagian tengah kapal masih utuh.

Sejarawan Universitas Andalas, Profesor Gusti Asnan menuturkan kalau kapal kuno tersebut merupakan kapal VOC yang tenggelam pada abab – 16.Ia memberikan beberapa alasan kenapa kapal tersebut tidak lebih tua dari abad -16.

Pertama, sebelum abad ke-16 sedikit sekali kapal asing yang berlayar melewati Samudera Hindia menuju Nusantara. Kedua, pelayaran pada umumnya melewati Banda Aceh dan menyusuri Selat Malaka.

Awalnya, kapal-kapal dagang dari Belanda cenderung berlayar ke tanah air melewati jalur Selat Malaka. Kebiasaan ini berubah setelah Portugis menguasai Malaka dan memaksa kapal dagang Belanda mengalihkan jalur ke Samudera Hindia.

Rata-rata tujuan perdagangan kapal dagang VOC pada waktu itu adalah Padang sebagai pusat di Sumatera dan Banten di Selat Sunda.
Diceritakan dia, kala itu Padang merupakan pusat perdagangan VOC di pantai barat Samudera Hindia. Kapal-kapal dagang Belanda kerap melewati Mentawai saat menuju Padang atau daerah-daerah lain di Tanah Air.

Comments Closed

Comments are closed.