DPR Tolak Naikkan Gaji Gubernur BI

Author - February 2, 2011

DPR Tolak Naikkan Gaji Gubernur BIi-berita, Baru-baru ini, Panitia Kerja Komisi XI DPR menolak permintaan kenaikan gaji gubernur bank sentral sebesar 3% yang dianggarkan dalam anggaran tahunan Bank Indonesia (ATBI). Hal tersebut dikatakan oleh Arif Budimanta, anggota Panja ATBI, seusai rapat pembahasan ATBI di Hotel Intercontinental, kemarin (1/2/2011). “Panja telah sepakat untuk tidak menaikkan gaji Gubernur BI sebagaimana yang dianggarkan tahun ini,” kata Arif Budimanta, salah satu anggota Panja. Selain itu, lanjutnya, Panja menyepakati untuk menangguhkan kenaikan tunjangan prestasi pejabat tinggi BI di level Gubernur, Deputi Gubernur, dan Direktur.

Langkah ini dilakukan karena DPR masih akan melakukan evaluasi dan monitoring terhadap keseluruhan kinerja bank sentral. Kendati demikian, terangnya, Panja sepakat untuk menaikkan gaji pegawai bank sentral pada level dasar. “Kami telah menyepakati kenaikan gaji pegawai BI untuk mengurangi ketimpangan gaji yang sangat tinggi antara pimpinan dan pegawai tingkat bawah,” jelas Arif.

Adapun, kenaikan gaji Dewan Gubernur masih akan diputuskan kemudian dalam rapat kerja bersama pimpinan bank sentral. Ditemui di tempat yang sama, Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah menilai hal tersebut sebagai keputusan politik. “Keputusannya itu kan keputusan politik, artinya mereka [DPR] yang menetapkan untuk menyetujui atau tidak gaji Dewan Gubernur BI,” katanya.

Comments Closed

Comments are closed.