Es Krim Air Susu Ibu Halal Dikonsumsi?

Author - March 10, 2011

Es Krim Air Susu Ibu Halal Dikonsumsi?i-berita, Inovasi selalu datang begitu saja seiring dengan perkembangan waktu. Mungkin semua orang mulai merasa bosan dengan es krim yang terbuat dari susu dan cokelat. Namun tidak untuk kali ini, karena di Inggris saat ini telah ada inovasi terbaru yang menjadikan air susu ibu sebagai bahan dasar es krim. Es krim unik ini dijual di sebuah kafe Icecreamist di London, Inggris dengan nama populernya yaitu ‘Baby Gaga’. Untuk satu porsi yang disajikan ke dalam gelas martini ini dibanderol dengan harga 14 poundsterling, atau sekitar Rp 200 ribu.

Berkat keunikannya itu, es krim yang dijualnya disambut dengan baik bahkan hanya dalam waktu beberapa jam saja, es krim tersebut habis terjual. Namun, akhir Februari lalu, pihak berwenang Inggris menyita es krim ini karena dianggap tidak terjamin higienis. Atas dasar laporan dua warga masyarakat yang mengkhawatirkan ada kontaminasi hepatitis, es krim ASI itu dibawa ke laboratorium.

Hasilnya? Hari ini es krim ASI ini kembali ke daftar menu Kafe Icecreamist. Dewan Kota Westminster menyatakan, susu itu aman dikonsumsi. Kepada harian Inggris, London Evening Standard, anggota dewan kota, Richard Block mengatakan, “Kami telah mendapatkan hasil uji laboratorium, produk ini tidak mengandung bakteri atau virus berbahaya.”

Hasil uji laboratorium yang tidak terbukti itu membuat pemilik Icecreamist, Matt O’Connor (44) geram. Ia bermaksud menuntut dewan kota, karena dianggap mencemarkan nama produknya — yang dibuat dari ASI dikombinasikan dengan vanila dan sari lemon ini.

“ASI tidak berbahaya tapi Dewan Kota Westminster menyita produk kami, padahal kami telah melakukan serangkaian tes untuk menjamin keamanan produk,” kata dia seperti dimuat News.com.au, Kamis 10 Maret 2011. “Kami sedang mempertimbangkan mengambil langkah hukum, sebab, apa yang dilakukan dewan telah merusak reputasi kami.” Ditambahkan O’Connor, dewan kota seharusnya tidak terburu-buru menyatakan, produk susu ASI itu berisiko sebelum mendapatkan hasil uji laboratorium.

Sejak diluncurkan bulan lalu, susu unik ini terus memancing kontroversi. Salah satunya datang dari ikon musik pop, Lady Gaga, yang memprotes pemakaian nama ‘Baby Gaga’ untuk es krim ini. Ia tidak ingin masyarakat mengidentikkan es krim itu dengan dirinya. Lewat pengacaranya, Gaga memberi batas waktu hingga Rabu pekan depan bagi pemilik restoran agar mengganti nama menu es krim kontroversial itu. Jika tidak, ia mengancam akan memperkarakan pemakaian nama tersebut secara hukum.

Comments Closed

Comments are closed.