Gempa 7,6 SR Guncang Samudera Pasifik

Author - December 27, 2010

Gempa 7,6 SR Guncang Samudera Pasifiki-berita, Minggu dini hari waktu setempat, Kepulauan Vunatu, Samudera Pasifik telah diguncang gempa bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter. Gempa tersebut diperkirakan dapat menimbulkan potensi terjadinya Tsunami. Informasi tersebut berasal dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat yang mengatakan jika gempa melanda 135 kilometer (85 mil) barat Pulau Tanna, Vanuatu dan 1.740 kilometer (sekitar 1.100 mil) di lepas Pantai Timur Australia setelah tengah malam waktu setempat.

Badan Survei Geologi mengeluarkan peringatan kepada wilayah yang berkemungkinan terkena Tsunami jika terjadi. Pada peringatan itu, sejumlah wilayah telah disebutkan antara lain Fiji, Vanuatu dan Kaledonia Baru. Gempa berkekuatan sebesar 7,6 Skala Richter ini memiliki potensi besar menimbulkan gelombang Tsunami yang dahsyat yang dapat merusak dan menyerang garis pantai di wilayah di dekat pusat Gempa Alam dalam hitungan menit saja. Maka dari itu, Badan Survei Geologi AS meminta kepada pihak berwenang di wilayah tersebut untuk segera mengambil tindakan yang tepat untuk menanggapi kemungkinan ini sebelum segala sesuatunya terlambat.

Sementara itu, pada peringatan yang dikeluarkan Badan Survey Geologi tercatat jika negara bagian AS Hawaii tidak termasuk dalam wilayah yang berpotensi terkena Tsunami. Padahal, jika Tsunami benar-benar terjadi seperti yang diperkirakan, ada kemungkinan arus yang kuat dapat sampai hingga ke AS Hawaii. Apakah peringatan yang dikeluarkan Badan Survey Geologi akan benar-benar terjadi? Mengingat hingga kini belum ada teknologi yang akurat dapat memprediksi datangnya gempa ataupun Tsunami.

Comments Closed

Comments are closed.