Gempa Jogja Hari Ini. Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,0 skala Richter yang mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya, Minggu pukul 23.38 WIB, menimbulkan kepanikan sebagian warga daerah ini.
Gempa Jogja Hari Ini
“Dari laporan yang kami terima, selain dirasakan warga Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul, gempa yang pusatnya di posisi 23 kilometer tenggara Bantul itu, juga dirasakan sebagian warga Klaten dan Sukoharjo (Jawa Tengah),” kata petugas Observasi Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Sidik Pramono, Senin (13/9/2010) dini hari.

Menurut dia, sampai sekarang belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. “Namun, gempa ini menimbulkan kepanikan sebagian warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya,” imbuhnya.

Ia menyebutkan pusat gempa berada di koordinat 8.10 Lintang Selatan (LS) – 110.37 Bujur Timur (BT), atau 23 kilometer tenggara Bantul, DIY.

Sementara itu, staf Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta David, di Yogyakarta, mengatakan, pusat gempa berada di pantai dengan kedalaman 10 kilometer.