Harry Potter Terancam Batal Tayang di Indonesia

Author - February 20, 2011

Harry Potter Terancam Batal Tayang di Indonesiai-berita, Penghentian peredaran film Hollywood ke Indonesia yang diberlakukan oleh pemerintah, Kamis (17/2/2011) lalu, membuat jajaran film box office yang selalu diserbu penonton menjadi terancam tak bisa disaksikan lagi di Bioskop Indonesia. Menurut sejumlah pihak terkait mengatakan bahwa penghentian impor film Hollywood akan membuat pasar penonton bioskop menjadi sepi. Ikatan Perusahaan Film Impor Indonesia (Ikapifi), Motion Picture Association (MPA) dan Bioskop 21, tidak lagi mendistribusikan film Amerika Serikat di seluruh wiayah Indonesia mulai hari Kamis (17/2/2011).

Aksi itu dipicu aturan dan penafsiran baru dari Direktorat Jenderal Bea Cukai atas UU atau peraturan tentang pajak bea masuk yang lama, yang diberlakukan per Januari 2011, yaitu “bea masuk atas hak distribusi” yang dianggap tidak lazim dan belum pernah ada di negara mana pun dalam bisnis perfilman. Sebab, yang disebut bea masuk itu hanya berlaku untuk barang masuk.

Selama ini, sebagai barang setiap kopi film impor yang masuk ke Indonesia, sudah dikenakan bea masuk+pph+ppn sebesar 23,75% dari nilai barang. Selain itu, pemerintah melalui Ditjen Pajak dan Kemenkeu juga selalu menerima pembayaran pajak penghasilan 15% dari hasil eksploitasi setiap film impor yang diedarkan di indonesia. Contohnya saja film Harry Potter edisi terakhir yang direncanakan tayang akhir juli mendatang pun menjadi terancam dan efeknya akan memberikan kekecewaan bagi para penggemarnya di seluruh indonesia.

Comments Closed

Comments are closed.