Hujan Es Di Bali

Author - December 18, 2010

Hujan Es Di Balii-berita, Pada hari Kamis, 16 September 2010, telah terjadi hujan es di Kabupaten Bandung dan Denpasar Bali. Fenomena yang jarang ditemui itu terjadi sekitar pukul 16.00 WITA. Beberapa tahun lamanya memang di Indonesia jarang ditemui hujan es kembali. Es yang jatuh berupa butiran kecil seperti kerikil. Kejadian tersebut berlangsung sekitar setengah jam dan untungnya tidak ada kerusakan atau korban pada kejadian tersebut.

Hujan es terjadi akibat adanya awan cumulonimbus, awan vertical setinggi 10 kilo meter yang biasanya berada di sekitar 300 meter dari permukaan tanah sehingga gerakan udara ke atas dank e bawah membuat awan ikut bergerak dan menimbulkan turbulensi. Dengan ketinggian yang mencapai 10 kilo meter, maka suhu udara di puncak awan sudah mencapai minus 50 derajat celcius di mana awan sudah membeku menjadi es.

Menurut Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Endro Cahyono mengatakan jika hujan es di bali sudah cukup sering terjadi dan peristiwa seperti ini tidak perlu dikhawatirkan karena tidak akan menimbulkan bahaya apapun. Mungkin jika ada orang yang terkena hujan es akan merasa sakit sedikit seperti dihujani dengan kerikil.

Comments Closed

Comments are closed.