Hujan Meteor Terindah 2010

Author - December 15, 2010

Hujan Meteor Terindah 2010i-berita, Diperkirakan hujan meteor yang ditunggu-tunggu oleh para astronom akan berlangsung meriah pada malam ini (13/12/2010) hingga terbit fajar (14/12/2010). Hujan Meteor Geminids ini adalah hujan meteor terindah yang memberikan pemandangan yang spektakuler dan anda akan terpana jika melihatnya. Namun sayang, hujan meteor ini tidak bisa dinikmati di semua wilayah. Mereka yang tinggal di kawasan Amerika Utara, beruntung dapat menyaksikan hujan meteor ini dengan jelas. Karena saat itu, bersamaan dengan gerhana bulan penuh yang menyebabkan langit sangat gelap sehingga akan memudahkan orang untuk melihat meteor itu di langit.

Hujan Meteor Geminids ini sudah berlangsung sekitar satu minggu yang lalu. Namun diperkirakan pada malam hingga pagi ini adalah puncak dari hujan meteor tersebut. Pemandangan spektakuler dapat terlihat, langit menjadi cerah dihujani meteor hingga mencapai 120 meteor per jam. Untuk bagian Asia, langit juga akan lebih gelap dibandingkan biasanya. Itu karena telah terjadi gerhana bulan parsial. Geminids sendiri merupakan meteor yang berjalan lambat, sekitar 35 kilometer per jam dan umumnya menghasilkan cahaya yang sangat terang karena bersinggungan dengan atmosfir bagian atas Bumi.

Faktor kedua adalah ketinggian sinar. Saat sinar berada di titik puncak di langit, kita akan melihat lebih banyak meteor karena kita lebih mengadap ke aliran meteor Geminids saat mereka mengorbit Matahari. Ketiga, Bumi diperkirakan akan menghadapi bagian terpadat dari aliran hujan meteor menjelang besok pagi.

Comments Closed

Comments are closed.