Inilah Alasan Harga Emas Dunia Turun

Author - February 7, 2011

Inilah Alasan Harga Emas Dunia Turuni-berita, Harga emas dunia pada perdagangan akhir pekan lalu mengalami penurunan. Sebelumnya, pada kamis lalu, harga emas sempat melambung tinggi. Harga emas untuk pengiriman April menurun US$4 menjadi US$1,349 per ounce di Divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Harga emas spot diperdagangkan dengan harga tertinggi US$1,361 dan terendah pada angka US$1,345. Sedangkan menurut indeks emas Kitco, harga emas spot menurun drastis lebih dari US$7.

Menurut seorang analis senior di Kitco.com, Jon Nadler mengatakan bahwa penurunan harga emas dipicu oleh pernyataan Gubernur Federal Reserve Ben Bernanke yang tidak ingin menaikkan suku bungan meski tengah terjadi lonjakan pada harga pangan. Menurut Jon, harga emas tertekan setelah munculnya data pengangguran di Amerika Serikat yang membaik. Pada Januari lalu tingkat pengangguran di AS turun menjadi 9 persen. “Perekonomian AS telah berhasil menambahkan 36 ribu lapangan kerja baru,” katanya.

Sementara itu harga emas di Divisi Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk, Senin ini dipasarkan Rp402 ribu per gram. Sedangkan di Perum Pegadaian Rp388.937 (beli) dan Rp398.910 (jual).

Comments Closed

Comments are closed.