Inilah Diet Yang Mencegah Penyakit

Author - April 7, 2011

Inilah Diet Yang Mencegah Penyakit – Tahukah anda,diet ternyata tidak hanya bermamfaat untuk menurunkan berat badan saja,ternyata diet juga bermamfaat untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Agar mendapatkan dua mamfaat diet yang sehat,ketahui tiga jenis diet yang bisa Anda lakukan demi mendapatkan dua manfaat tersebut, seperti dilansir dari myhealthnewsdaily.com :

1. Diet indeks glikemik rendah
Diet ini didasarkan pada pengurangan konsumsi karbohidrat, karena mengonsumsinya secara berlebihan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah secara drastis. Diet berfokus pada konsumsi sumber karbohidrat sehat dengan indeks glikemik rendah seperti roti gandum, oatmeal, pasta, nasi merah dan kacang-kacangan.

Cara ini bukan hanya bisa menurunkan berat badan, tetapi menjaga kadar gula darah tetap stabil. Sehingga, mengurangi risiko diabetes, termasuk meningkatkan produksi kolesterol baik dalam tubuh yang bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Diet vegetarian
Menurut American Heart Association, penelitian menunjukan diet sayuran dan buah bisa mengurangi risiko obesitas, jantung koroner, tekanan darah tinggi dan diabetes. Tidak perlu menjadi vegetarian secara utuh, cukup dua hari dalam seminggu Anda hanya menyantap sayuran.

Jika merasa sulit hanya memakan sayuran atau buah, mengonsumsi produk susu sebenarnya tidak masalah. Selama porsinya tidak berlebihan dan jika ingin minum susu pilihlah yang rendah lemak.

3. Diet DASH
DASH merupakan singkatan dari “dietary approaches to stop hypertension”. Diet ini dipromosikan oleh National Heart Lung and Blood Institute sebagai salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah.

Diet berfokus pada keseimbangan konsumsi buah-buah, sayur, produk susu rendah lemak, biji-bijian, ikan, unggas, serta kacang-kacangan. Termasuk mengurangi konsumsi garam, gula dan daging merah. Jumlah asupan kalori setiap hari harus disesuaikan dengan usia seseorang dan level aktivitas fisiknya.

Tekanan darah bisa turun dalam dua minggu, jika Anda menjalankan diet ini. Penelitian yang dilakukan tim dari Duke University, menunjukkan selain menurunkan tekanan darah, diet DASH, jika dikombinasikan dengan olahraga dan penurunan berat badan dapat memperbaiki sensitivitas insulin bagi orang yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas

Comments Closed

Comments are closed.