Inilah Isi Tas Hitam Yang Dibawa Nazaruddin

Author - August 12, 2011

Inilah Isi Tas Hitam Yang Dibawa Nazaruddini-berita, Saat dibekuk oleh kepolisian Kolombia, Muhammad Nazaruddin kala itu sambil membawa sebuah tas hitam kecil. Menurut Made Subagja, selaku pejabat Kedubes RI di Kolombia, mengatakan bahwa tas hitam tersebut kini sudah berada di tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dijadikan sebagai bukti penting dalam menjerat kasus Nazaruddin. Made menambahkan bahwa tas tersebut sebelum disegel dan diserahkan ke KPK sempat diperiksa oleh kepolisian Kolombia yang juga ikut serta dilihat oleh Made.

Isi tas tersebut yakni ada empat sampai lima telepon selular, charger HP, pulpen, dan uang dolar sekitar 20 ribu. Sebelumnya, KPK menyatakan tas hitam itu merupakan bukti penting. “Semua yang dimiliki, yang bisa dipakai pembuktian, apapun termasuk tasnya,” ujar Wakil Ketua KPK M. Jasin di Kantor KPK, Jakarta, Rabu kemarin. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto juga telah memerintahkan agar tas kecil milik Nazar itu diamankan. “Di-seal benar-benar, tidak boleh ada seorang pun yang membukanya,” kata Djoko di Kantor Presiden, Selasa.

Bagaimana dengan pengacara Nazaruddin dari Indonesia, OC Kaligis? Diterangkan Made, sejak tiga hari lalu OC Kaligis memang sudah ada di Kolombia. Bermaksud mendampingi kliennya. Saat Nazar dipulangkan dengan pesawat carteran, OC Kaligis juga ikut bertolak ke Jakarta. “Kalau tidak salah, tadi sore, sesaat setelah Nazaruddin ke Jakarta, OC juga berangkat. Sampainya tidak tahu pasti, yang jelas perjalanannya 30 jam,” kata Made. Dia menambahkan, pengacara Nazar dari Indonesia tidak bisa berperkara di Kolombia. “Walaupun dia pengacara, dia sebagai WNI, dia tidak punya hak untuk melakuan praktik pengacara di sini,” kata Made.

Comments Closed

Comments are closed.