Inilah Orang-Orang Yang Butuh Waktu Tidur Panjang

Author - April 11, 2011

Inilah Orang-Orang Yang Butuh Waktu Tidur Panjang – Seperti diketahui kurang tidur dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuh.Begitu juga dengan orang-orang yang selalu melebihkan waktu tidur.Namun ada beberapa orang-orang yang diwajibkan tidur lebih lama,ini bertujuan untuk memulihkan kondisi tubuh yang masih labil.

Berikut beberapa orang yang membutuhkan waktu tidur tambahan untuk memulihkan kondisi tubuh :

– Bayi dan anak-anak
Anak-anak merupakan salah satu orang-orang yang membutuhkan tambahan waktu untuk tidur.Para ahli menyebutkan semakin muda usia anak semakin banyak waktu yang diperlukan untuk ia beristirahat atau tidur. Anak-anak yang tidak mendapatkan tidur cukup akan berdampak kepada kepribadian, memori, perhatian dan emosi sang anak. Biasanya anak akan mudah marah, tidak bisa berkonsentrasi dan memiliki memori yang lemah.

Berikut ini jumlah jam tidur yang dibutuhkan anak-anak berdasarkan usianya menurut National Sleep Foundation:

1. Bayi baru lahir (0-2 bulan) membutuhkan tidur 10,5 sampai 18 jam
2. Bayi (3-11 bulan) membutuhkan tidur 9 sampai 12 jam dan ditambah dengan tidur siang
3. Anak (1-3 tahun) membutuhkan tidur 12 sampai 14 jam
4. Anak (3-5 tahun) membutuhkan tidur 11 sampai 13 jam
5. Anak usia sekolah (5-12 tahun) membutuhkan tidur 10 sampai 11 jam
6. Remaja (10-17 tahun) membutuhkan tidur setidaknya 8,5 sampai 9,5 jam
7. Dewasa membutuhkan tidur 7 sampai 9 jam.

– Wanita Hamil
Perubahan tubuh wanita selama kehamilan dapat meningkatkan kebutuhan untuk tidur. Wanita hamil biasanya membutuhkan waktu tambahan untuk tidur pada trimester pertama.

– Orang dengan kekebalan tubuh lemah
Orang yang sakit, masa pemulihan dan memiliki kekebalan tubuh rendah juga membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang ketimbang waktu tidur normal. Ketika sistem kekebalan tubuh ditekan, tubuh memproduksi bahan kimia untuk melawan infeksi, bahan kimia ini biasanya diproduksi saat istirahat atau tidur.

– Penderita Anemia
Kurang asupan nutrisi, kurang tidur, terlalu lelah bisa menjadi penyebab penyebab anemia atau penyakit kurang darah. Kondisi ini bisa bertambah parah bila asupan nutrisi dan kebutuhan tidur tidak dipenuhi dengan baik.

Orang-orang dengan kondisi di atas memang membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang. Tapi bagi orang dewasa dan sehat, sebaiknya jangan terlalu banyak tidur. Tidurlah dengan waktu yang cukup.

Comments Closed

Comments are closed.