Inilah Pelaku Pengoboman Dan Penembakan Di Norwegia

Author - July 24, 2011

i-Berita – Pemerintah Norwegia akhirnya telah mengetahui pelaku pengeboman di Oslo dan penembakan brutal di Pulau Utoya, Norwegia yang menewaskan sedikitnya 92 orang tersebut. Seperti yang diberitakan, pelaku brutal tersebut diketahui bernama Anders Behring Breivik, yang merupakan mantan anggota Progress Party, partai anti-imigran yang kini merupakan partai terbesar kedua di Norwegia.

Breivik diketahui merupakan seorang Kristen fundamentalis yang memiliki pandangan politik kanan dan anti-Islam. Ia pernah tergabung menjadi anggota Progress Party, partai anti-imigran pada 1999 sampai 2004.

Pada periode 1997-2007, Breivik juga tercatat sebagai anggota gerakan pemuda Partai Progress. Dia pun pernah menjadi wakil ketua di salah satu kegiatan lokal partai itu di Oslo.

Tertera di halaman Facebook-nya, Breivik pernah mengenyam sekolah bisnis di barat Oslo. Dia memiliki sebuah peternakan di kota kecil Rena, yang dinamai Breivik Geofarm. Direktur perusahaan pertanian Felleskjoepet, Jan Kollsgaard, mengatakan Breivik sempat membeli pupuk sebanyak 6 ton, pada Mei lalu.

Masih di halaman Facebook-nya, Breivik menulis berhaluan politik konservatif dan memiliki hobi berburu. Buku-buku favoritnya antara lain ‘On Liberty’ karangan John Stuart Mill, ‘1984’ karya George Orwell, dan ‘The Trial’ karangan Franz Kafka.

Pada 17 Februari 2010, di situs Norwegia Document.no, ditemukan pula catatan Breivik. Pria berusia 32 tahun ini menulis pernyaaan bernada anti Islam, “Sebanyak 80 persen Muslim ‘moderat’ disebut telah mengabaikan Al Quran. Padahal, dibutuhkan cuma sedikit orang untuk merekayasa kecelakaan pesawat. Bagi saya, adalah munafik menyebut Muslim, Nazi dan Marxis, berbeda.”

Comments Closed

Comments are closed.