Inilah Rancangan Gedung DPD Yang Diidamkan Para Anggota DPD

Author - June 30, 2011

Inilah Rancangan Gedung DPD Yang Diidamkan Para Anggota DPD – Publik saat ini masih dihebohkan dengan rencana anggota DPD yang ingin membangun gedung baru. Bangunan yang dianggarankan hampir 1 M ini nantinya akan memiliki fasilitas mewah seperti keinginan anggota DPR yang sebelumnya juga mengidamkan bangunan megah ini.

Seperti yang direncanakan, para senator tanah air ini akan membangun kantor di 33 provinsi yang akan menelan anggaran hingga Rp 823 miliar. Angka ini tentu sangat fantastis karena sebelumnya anggaran pembangunan gedung DPR yang mewah sempat diturunkan dari Rp 1,3 trilun menjadi Rp 777 miliar dan itu pun akhirnya dibatalkan.

Pembangunan gedung DPD sendiri akan dimulai tahun 2011 ini. Untuk tahap pertama akan dibangun di 10 provinsi, di antaranya di Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dijelaskan Sekjen DPD Siti Nurbaya seperti dikutip dari detik Kamis 30/6/2011, setiap gedung kantor anggota DPD di setiap provinsi masing-masing akan memiliki empat lantai dengan luas bangunan 2.628 meter persegi. Dana pembangunan dianggarkan Rp 3.248.000 per meter persegi. Setiap gedung akan memiliki 3 komponen utama, yakni ruang utama, ruang penunjang kegiatan dan ruang penunjang sekunder.

Untuk ruang utama sengaja didesain untuk bisa menampung 65 orang. Yakni meliputi empat ruang kerja bagi anggota DPD. Setiap anggota DPD memiliki ruang kerja seluas 77 meter persegi.

Gedung itu nantinya akan menjadi tempat bekerja untuk 4 anggota DPD saat ‘pulang kampung’. Tapi selain para senator itu, bangunan itu juga akan diisi 1 orang staf ahli eselon II, lima orang staf eselon III, 10 orang staf eselon IV, dan 30 orang staf tata usaha.Bukan itu saja, di setiap kantor juga dibantu 5 orang pembantu dan pengemudi, 6 orang pegawai kontrak, dan 4 orang satpam.

Gedung DPD di 33 provinsi itu juga nantinya akan dilengkapi sejumlah ruangan. Seperti ruang utama yang luasnya sekitar 662 meter persegi, ruang serbaguna seluas 180 meter persegi, ruang sidang kapasitas 30 orang 90 meter persegi, ruang teleconference 120 meter persegi, ruang rapat 45 meter persegi, dan care service seluas 150 meter persegi.

Untuk fasilitas penunjang, yakni kebutuhan sekunder anggota DPD. Bangunan itu juga akan dilengkapi ruang lobi utama seluas 220 meter persegi, mushola 35 meter persegi, perpustakaan 90 meter persegi, ruang arsip 10 meter persegi, gudang 38 meter persegi, dan teras belakang seluas 13 meter persegi.

Dengan fasilitas-fasilitas itu tidak heran jika anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan gedung DPD di tiap-tiap provinsi menjadi mahal. Diperkirakan tiap-tiap gedung akan menyedot anggaran Rp 25 miliar- Rp 30 miliar.

Comments Closed

Comments are closed.