Inilah Waktu Yang Tepat Berhubungan Seks Setelah Melahirkan – Keinginan melakukan hubungan intim bisa terjadi kapan saja,tidak tertutup kemungkinan hasrat untuk berhubungan seks muncul saat wanita baru saja melakukan proses persalinan.Namun sehatkah berhubungan intim saat wanita masih dalam proses penyembuhan setelah persalinan.

Melahirkan merupakan suatu proses yang cukup traumatis bagi perempuan. Jika ia melahirkan melalui vagina, maka jaringan vagina yang halus akan menjadi tegang, memar atau ada yang robek, sehingga dibutuhkan waktu beberapa minggu untuk menyembuhkan cedera ini.

Dilansir dari Babycenter, selama proses melahirkan, rahim dan leher rahim mengalami perubahan yang signifikan. Dan selama fase penyembuhan, lapisan rahim terutama tempat di mana plasenta ditempelkan rentan terhadap infeksi. Karenanya hubungan seksual sangat rentan menularkan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Warna dari lokhia (perdarahan pasca melahirkan) bisa menjadi tanda proses penyembuhan dari lapisan rahim. Kondisi ini bisa berlangsung selama 3-8 minggu. Jika lokhia tidak lagi berwarna merah terang atau sudah berwarna putih kekuningan, maka itu menjadi tanda proses penyembuhan lapisan hampir selesai.

Kondisi ini mungkin sudah aman bagi perempuan untuk melakukan hubungan intim lagi. Tapi jika kondisi vagina yang robek masih dalam proses penyembuhan, maka harus menunggu waktu lebih lama lagi untuk bisa berhubungan intim.

Untuk itu sebaiknya ibu yang baru melahirkan menunggu minimal enam minggu sebelum melakukan hubungan seksual. Serta tak ada salahnya menanyakan tenaga kesehatan untuk memastikan apakah vagina dan perineum (daerah antara lubang dubur dan alat kemaluan luar) sudah cukup sembuh dan aman untuk berhubungan seks.