Jual Batu Bulan, Wanita Ini Ditahan

Author - May 21, 2011

Jual Batu Bulan, Wanita Ini Ditahani-berita, Batu yang diambil dari bulan saat misi pendaratan di Bulan, kini mulai diperjualbelikan di Amerika Serikat tanpa sepengetahuan petugas keamanan. Baru-baru ini, seorang wanita asal Amerika telah diselidiki oleh petugas keamanan di Kalifornia setelah diduga mencoba menjual batu bulan dengan harga $1,7 juta dollar AS. Perempuan yang enggan untuk disebutkan namanya itu, ditangkap dalam sebuah operasi ketika dia menunjukkan batu tersebut kepada penyelidik Badan Luar Angkasa AS Nasa di Lake Elsinore.

Batu dari bulan itu merupakan kekayaan nasional di Amerika Serikat dan dilarang keras untuk menjualnya bagi siapa saja. Penyelidik Nasa telah menemukan batu yang akan dijual oleh perempuan itu, namun belum diketahui apakah memang batu itu asli dari bulan ataukah hanya batu palsu. Operasi rahasia telah dilakukan selama beberapa bulan dan para penyelidik berhasil menemukan perempuan tersebut di sebuah restoran.

Pejabat Nasa, Gail Robinson, mengatakan kepada Los Angeles Times: “Batu ini kemungkinan berasal dari Bulan, tetapi harus diuji dulu.” Robinson juga mengatakan perempuan itu telah ditangkap tetapi secara resmi belum ditahan. Lebih dari ratusan kilogram batu diambil dalam misi Nasa ke Bulan, sebagian besar pada misi Apollo 15, 16 dan 17. Ratusan batu diberikan sebagai hadiah untuk negara lain dan pemerintah AS dan banyak juga batu yang tidak diketahui jelas keberadaannya.

Pencurian sebuah batu kecil yang berasal dari Bulan pernah terjadi di the Johnson Space Center di Houston, Texas, pada 2002 lalu. Kasus penjualan batu asal Bulan yang palsu juga terjadi beberapa kali. Di tahun 2009, sebuah batu diberikan kepada Museum Nasional Belanda di Amsterdam, benda itu seharusnya merupakan batu yang diambil pada misi pertama ke Bulan Apollo 11, tetapi ternyata merupakan kayu yang mengeras.

Comments Closed

Comments are closed.