Kedubes AS Jakarta Kirim Kawat Terkait Terorisme Sebelum Bom Di Hotel Marriot

Author - December 6, 2010

Kedubes AS Jakarta Kirim Kawat Terkait Terorisme Sebelum Bom Di Hotel Marriot – Pembocoran dokumen oleh situs Wikileaks semakin terang. Meskipun belum sepenuhnya,WikiLeaks mengungkap, ada kawat terkait terorisme yang dikeluarkan 4 hari sebelum peristiwa bom di Hotel JW Marriott pada 17 Juli 2009 lalu.

Dikutip dari detik sebuah kawat pernah keluar dari Kedubes AS di Jakarta pada 13 Juli 2009. Kodenya adalah PTER, PREL, PGOV, ASEC, ID. Dari kode itu, bisa diketahui isi kawat itu adalah terkait isu terorisme, dikaitkan dengan hankam, pemerintah pusat dan hubungan luar negeri Indonesia.

Pada 17 Juli 2009, bom Marriott pun meledak dan ikut merusak Hotel Ritz-Carlton. Pada tanggal itu pula, langsung keluar kawat lagi dari Kedubes AS Jakarta dengan kode PTER, PGOV, PREL yang artinya terorisme, pemerintah Indonesia dan hubungan luar negerinya.

Pada 21 Juli 2009 atau 4 hari setelah kejadian, kembali keluar kawat berkode PTER, PGOV, PREL, ASEC, CASC, ID. Artinya terkait dengan terorisme dan hankam di Indonesia. Kode CASC atau assistance to citizen berarti ada arahan agar AS membantu Indonesia terkait peristiwa bom itu. Pada 23 Juli 2009 kembali keluar kawat terkait terorisme dengan kode sama.

Jika Kedubes AS sudah mengeluarkan kawat diplomatik soal terorisme, 4 hari sebelum JW Marriott meledak, apa artinya AS sudah tahu akan ada serangan terorisme? Hal itu baru akan terjawab jika dokumen ini dirilis sepenuhnya oleh WikiLeaks.

Comments Closed

0 responses to “Kedubes AS Jakarta Kirim Kawat Terkait Terorisme Sebelum Bom Di Hotel Marriot”

  1. koko says:

    memang benar dari sejak peristiwa WTC 11 Sept dan bom bali bahwa dibalik ini semua adalah tindakan AS diotaki Yahudi sebagai bagian ‘war on “terrorism”‘ buatan bush sebagai pembenaran untuk menyerbu dan merebut kekayaan alam (minyak/gas) negara-negara muslim

  2. […] Kedubes AS Jakarta Kirim Kawat Terkait Terorisme Sebelum Bom Di Hotel Marriot | i-berita.com […]