Kepergian Pahlawan Kemiskinan Tunisia

Author - January 8, 2011

Kepergian Pahlawan Kemiskinan Tunisia – Lebih dari 5.000 simpatisan menghadiri prosesi pemakaman sang pahlawan kaum miskin dari Tunisia, Mohamed Bouazizi.Ia dirawat dari luka kebakaran selama lebih dari dua pekan sebelum akhirnya meninggal dunia hari Selasa lalu seperti diberitakan kompas.

Bouazizi mencoba bunuh diri dengan membakar diri pada 17 Desember lalu ketika polisi menyita dagangannya berupa buah-buahan dan sayur-sayuran yang menjadi satu-satunya gantungan hidupnya.

Kasus Bouazizi ini memicu aksi unjuk rasa kaum miskin dan penganggur di Sidi Bouzid dan menjalar ke hampir seluruh negeri selama lebih dari dua pekan. Aksi itu sebagai aksi solidaritas terhadap Bouazizi dan sekaligus protes atas kondisi ekonomi yang buruk. Bahkan, aksi unjuk rasa kaum penganggur masih terus berlanjut sampai hari ini di kota Talah, Tunisia. Warga Tunisia yang bermukim di sejumlah negara Eropa juga menggelar unjuk rasa di depan kedutaan dan konsulat Tunisia sebagai aksi solidaritas terhadap perjuangan kaum miskin di Tunisia.
Bouazizi pun serta-merta menjelma menjadi simbol perjuangan kaum miskin di Tunisia.

Wilayah Sidi Bouzid dengan jumlah penduduk 409.700 jiwa (sensus 2009) terletak sekitar 265 kilometer arah selatan Tunis. Sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian wilayah Sidi Bouzid. Wilayah tersebut dikenal memproduksi sayur-sayuran dan buah-buahan, selain juga minyak zaitun, daging kambing, dan susu.
Sektor pertanian menyerap 41,5 persen tenaga kerja. Sektor jasa menyerap 15,1 persen dan sektor industri menyerap 10,5 persen tenaga kerja.

Comments Closed

Comments are closed.