Kereta Super Cepat Buatan Cina

Author - December 4, 2010

Kereta Super Cepat Buatan Cinai-berita, Masalah teknologi, memang cina yang sekarang mulai merajai dunia. Salah satunya adalah kereta super tercepat buatan mereka yang telah diuji dan menghasilkan kecepatan hngga 486 km/jam. Ujicoba tersebut dilakukan di atas rel yang menghubungkan dua kota yaitu Beijing dan Shanghai, pada hari kemarin (3/12/2010). Kereta ini merupakan kereta komersil tercepat yang pernah ada untuk saat ini, dengan demikian Cina mulai bersaing dengan Negara-negara maju dalam membangun system transportasi yang canggih.

Kereta ini jika dilihat oleh mata akan terlihat sangat cepat melintas seperti layaknya sebuah peluru yang ditembakkan. Bila memakai kereta biasa untuk perjalanan dari Beijing menuju Shanghai akan memakan waktu sekitar 5 jam, namun jika menggunakan kereta terbaru ini hanya akan memakan waktu setengahnya. Proyek ini menghabiskan dana sekitar US$ 32,5 miliar dan merupakan salah satu program terbesar untuk menghubungkan kota-kota besar di cina dengan cepat.

Saat ini, Cina masih menempati posisi pertama sebagai pemilik jalur kereta api terpanjang di dunia, bahkan rencananya mereka akan membangun kembali jalurnya hingga sepanjang 13.000 km pada tahun 2012 dan 16.000 km pada tahun 2020.

Comments Closed

0 responses to “Kereta Super Cepat Buatan Cina”

  1. medhy oktiastari says:

    semoga indonesia , bs bikin yg kayak gini yah 🙂