Kikim Diduga Dianiaya Majikan Hingga Tewas

Author - November 21, 2010

Kikim Diduga Dianiaya Majikan Hingga Tewasi-berita, Belum selesai masalah tentang Sumiati yang dianiaya majikannya di Arab Saudi, muncul kasus baru dengan hal serupa di Arab Saudi. Seorang wanita yang bernama Kikim Komalasari diduga tewas dianiaya majikannya setelah selama 17 bulan tidak ada kabar berita yang datang kepada keluarga Kikim. Kikim berangkat dari Indonesia pada Juli 2009 ke Arab Saudi dengan tujuan untuk bekerja menjadi sebuah pembantu rumah tangga disana. Kehidupan ekonomi yang kurang membuat kikim tergiur untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga dengan hasil yang besar. Maka dari itu, Kikim memutuskan untuk bekerja menjadi pembantu rumah tangga di Arab Saudi yang hasilnya jauh lebih besar dibandingkan dengan di Indonesia.

Niatnya untuk memperbaiki perekonomian keluarganya ternyata harus kandas dan menelan pil pahit bagi keluarga Kikim karena selama kepergian Kikim tidak ada kontak mengenai keberadaannya disana dan kini Kikim diduga telah mati setelah dianiaya oleh majikannya dan membuang jasadnya ke tempat sampah. Saat ini Majikan Kikim sudah ditahan di kepolisian Arab Saudi guna untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Jika terbukti benar, maka majikan kikim bisa terancam hukuman mati atau dipasung sesuai hukuym yang berlaku di Arab Saudi.

“Bisa. Kalau terbukti itu bisa diqhisas. Hukumannya hukuman pancung,” kata Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat dalam jumpa pers di kantornya, Jl MT Haryono, Jakarta Timur, Jumat (19/11/2010).

Jumhur mencontohkan pernah ada kasus serupa pada tahun 2003, pelaku pembunuhan saat itu diberi hukuman diqishas. Karena keluarga korban tidak memaafkan. “Betul (dihukum mati). Mungkin bisa seperti itu,” ujarnya.

Sama dengan Jumhur, Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia Humprey R Djemat juga menyatakan kalau pelaku pembunuhan Kikim bisa dihukum mati. Sebagai pengacara di Asosiasi Advokat Indonesia, Humprey akan mengawal kasus ini

Comments Closed

Comments are closed.