Kilatan Api Setinggi 3 KM Di Puncak Merapi

Author - November 6, 2010

Kilatan Api Setinggi 3 KM Di Puncak Merapii-berita, Berdasarkan hasil pemantauan instrumental dan visual pada 6 November 2010 dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB menunjukkan aktivitas gunung Merapi sangat tinggi. Ini terlihat dari munculnya Wedhus Gembel atau awan panas yang disertai kilatan api setinggi 3 km ke segala arah. Hal ini terpantau dari pos pengamatan Gunung Merapi.

Menurut Surono atau yang disapa oleh Presiden SBY sebagai Mbah Rono ini mengungkapkan bahwa aktivitas gunung merapi yang telah mengeluarkan awan panas dan kilatan api itu terjadi pada pukul 11.51 WIB kea rah barat, utara, hingga timur. Selain itu dilaporkan juga bahwa mulai pukul 10.00 WIB, telah terjadi hujan pasir di Selo Kabupaten Boyolali, sedangkan di daerah lereng gunung merapi terus terjadi hujan abu dengan intensitas yang tinggi.

Melihat keadaan pada hari ini, maka status aktivitas Gunung Merapi kini ditingkatkan menjadi tingkat Awas (level 4). Ancaman bahaya gunung merapi dapat berupa lahar dan awan panas. Untuk saat ini jarak aman masih ditetapkan dengan radius 20 km dari gunung merapi.

Comments Closed

Comments are closed.