Koin Untuk Presiden

Author - January 25, 2011

Koin Untuk Presideni-berita, Beberapa waktu lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara tidak sengaja mengeluhkan penghasilannya yang tidak ada peningkatan selama 7 tahun terakhir menjabat sebagai Presiden Indonesia. Rupanya, pernyataan tersebut menuai pro dan kontra para masyarakat. Kritikan tajam tak hanya berdatangan dari para politisi dan pakar komunikasi saja, bahkan hingga ke dunia maya. Menanggapi keluhan SBY, saat ini muncul di Internet penggalangan dana untuk menaikkan gaji presiden dengan tema berjudul “Koin Untuk Presiden”. Aksi tersebut hanya merupakan sindiran untuk presiden dari masyarakat di sejumlah jejaring sosial.

Contohnya saja di Facebook, muncul berbagai gerakan moral untuk mengumpulkan koin yang akan disumbangkan untuk menaikkan gaji presiden. Mengingatkan kepada kita bahwa sebelumnya juga pernah ada gerakan serupa dengan tajuk ‘Koin Untuk Prita’. Gerakan tersebut diadakan setelah Prita dipaksa oleh pihak rumah sakit untuk menghentikan pengobatannya karena tidak mampu membayar semua biaya pengobatannya. Salah satu penggalangan dana untuk presiden adalah group “Coin for President” yang dilaunching Defiyan Cori pada hari Jum’at, (21/1/2011). Dalam pesan pertamanya, Devian menyatakan, group itu dibuat sebagai ‘solidaritas’ terhadap keluhan Presiden SBY soal gajinya yang belum pernah naik dalam kurun waktu 7 tahun.

“Mari bersama-sama kita galang dana untuk membantu Saudara Soesilo Bambang Yudhoyono yang saat ini kebetulan menjadi Presiden RI untuk memenuhi permintaan kenaikan gajinya supaya meningkatkan kesejahteraannya dan keluar dari kemiskinan di tengah rakyat Indonesia yang kaya raya melalui COIN for PRESIDENT!” tulis Defiyan, sang empunya group. “Ya kita kasihan lihat Presiden kekurangan gaji kan,” tambahnya. Aksi serupa juga muncul di Blackberry Messenger (BBM) dengan nama gerakan “Sayang SBY” dengan mengumpulkan Koin Rp100 untuk membantu keluh kesah SBY soal gajinya yang belum naik selama tujuh tahun.

“Senin Tgl 24 Januari 2011 Tempat Bundaran Hotel Indonesia. sebagai warga negara kita yang dipilih rakyat sedang mengalami kesusahan. Saatnya kita sebagai rakyat membantu kesulitan beliau dengan menyumbangkan koin cinta SBY Rp 100,” katanya di BBM.

Meski gerakan koin untuk menaikkan gaji presiden ini sangat marak, namun tak jelas apakah ini sungguhan atau sekedar bentuk sindiran dari masyarakat melalui sejumlah situs jejaring sosial. Sekadar diketahui, gaji SBY sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran Kementerian Negara dan Lembaga Kepresidenan (RKAKL) 2006 sekira Rp 62 juta dan dana taktis mencapai Rp2 miliar.

Comments Closed

Comments are closed.