Lagu Negeri Kaya

Author - August 19, 2010

Lagu Negeri Kaya. Musisi Iwan Fals pernah menciptakan sebuah lagu yang didedikasikan bagi proklamator Bung Hatta. Kali ini, Iwan pun melengkapinya dengan mencipta lagu yang diinspirasikannya dari proklamator lainnya yang juga Presiden RI yang pertama, Ir. Soekarno.
Lagu Negeri Kaya
“Saya memang baru saja menciptakan lagu yang berjudul Negeri Kaya. Lagu ini hasil akhir perenungan saya ke beberapa kota kemarin. Saya ziarah ke Blitar, ke makam Bung Karno dan saya melihat kenyataan di jalanan dan sekitarnya. Negeri kaya tapi kok banyak yang tidak sejahtera. Ini lagu paling baru, jadi belum ada di rekaman,” ujar Iwan usai manggung di kampus Universitas Paramadina, Mampang Prapatan, Jakarta, Rabu (18/8) malam.

Iwan pun menceritakan pengalamannya ketika berziarah di makam ayahanda mantan Presiden Megawati Soekarnoputri itu. Dirinya pun sempat berceloteh dan meminta maaf di depan pusara Bung Karno karena telah mengganggu persemayamannya.

“Saya ziarah ke makam Bung Karno dan saya minta maaf karena saya cengeng dan ganggu istirahat dia. Tapi ya, mau bagaimana lagi, kenyataan negara kita memang seperti ini. Apa yang saya lakukan, ya semacam dialog saya saja dengan beliau,” ujar Iwan.

Iwan pun menggarisbawahi arti penting sebuah kemerdekaan yang dihasilkan oleh salah satunya berdasarkan jasa Soekarno. “Kalau nggak ada Bung Karno, tidak akan ada kemerdekaan ini. Penting juga untuk menghormati leluhur,” ujar musisi legendaris ini.

Comments Closed

Comments are closed.