Malam ini, Ada Penampakan Jupiter dan Uranus

Author - January 3, 2011

Malam ini, Ada Penampakan Jupiter dan Uranusi-berita, Himpunan Astronom Amatir Jakarta baru saja memberitahukan bahwa malam ini (3/1/2011), dua planet raksasa Jupiter dan Uranus akan terlihat. Hal tersebut menjadi sebuah kesempatan emas untuk melihat uranus yang dalam mitologi Yunani merupakan kakek dari Dewa langit Zeus. Salah satu pengurus Himpunan Astronom Amatir, Ronny Samara mengatakan bahwa penampakan tersebut akan terjadi sekitar pukul delapan malam, lihat tegak lurus ke langit, lalu geser sekitar 15 derajat ke barat. Disitu akan terlihat Jupiter yang pada mitologi Yunani dipercaya sebagai dewa tertinggi dalam mitologi romawi.

Jupiter akan terlihat sangat terang dengan ukuran sekitar 1/50 dari Bulan purnama. Jupiter dapat dilihat langsung dengan mata telanjang, sementara Uranus dapat terlihat dengan menggunakan bantuan teleskop besar. Selain itu, Dengan teropong berkekuatan 100 pembesaran, pengamat juga bisa melihat Europa dan Io, dua dari empat bulan terbesar milik Jupiter. Planet gas raksasa ini memiliki total 63 satelit.

Meski dari Bumi terlihat akrab berduaan, Jupiter dan Uranus terpaut jarak yang maha jauh, 15 unit astronomi, satuan untuk mengukur jarak benda angkasa. Satu unit astronomi sama dengan jarak Bumi-Matahari, 150 juta kilometer. Penampakan Jupiter dan Uranus merupakan awal dari serangkaian penampakan bareng planet. Maret nanti giliran Merkurius dan Jupiter yang muncul. Puncaknya Mei, saat Merkurius, Venus, Mars dan Jupiter terlihat dalam satu pandangan mata.

Comments Closed

Comments are closed.