Manusia Dapat Jelajahi Matahari

Author - December 16, 2010

Manusia Dapat Jelajahi Mataharii-berita, Manusia dapat jelajahi matahari? Apakah mungkin? Mungkin orang akan bertanya-tanya apakah dunia mampu menciptakan sebuah pesawat yang mampu menahan panasnya matahari. Belum sampai ke matahari, apapun yang mendekat pasti akan hangus terbakar. Memang benar jika saat ini belum ada manusia yang dapat menjelajahi matahari atau mungkin takkan pernah ada.

Manusia dapat menjelajahi matahari ini hanyalah sebuah software yang dikembangkan oleh NASA/ESA, Washington. Software baru ini memuat seluruh pustaka alam dari mulai matahari dan heliospheric. Software ini bisa didapatkan bagi siapa saja dan kapan saja. Nama software ini adalah JHelioviewer yang memungkinkan orang untuk bisa menjelajahi matahari. Tak hanya itu, software ini juga menyediakan gambar matahari selama 15 tahun terakhir. Lebih dari satu juta gambar SOHO sudah bisa diakses dan gambar baru dari Solar Dynamics Observatory NASA akan ditambahkan setiap harinya. Untuk mendapatkan software ini bisa didapatkan di Helioviewer.org.

Dengan adanya software ini maka pengguna dapat membuat film tentang matahari dengan menggunakan software ini. Selain itu juga, pengguna dapat merubah wana gambar sesuai keinginan dan proses gambar film akan berlangsung secara real time. Film yang dihasilkan pun dimudahkan bagi siapa saja untuk menyaksikannya ke berbagai format. JHelioviewer ditulis dalam bahasa pemrograman Java, hal tersebut diwakili ‘J’ di awal nama. Software ini merupakan open-source, artinya semua komponen tersedia gratis sehingga orang dapat membantu meningkatkan program ini.

Kode dalam software dapat digunakan kembali untuk tujuan lain. “Tujuan JHelioviewer, dan Proyek Helioviewer secara keseluruhan adalah menawarkan antarmuka intuitif dataset besar dari berbagai sumber. Hasilnya, observatorium virtual ini,” kata Mueller. JHelioviewer dapat diunduh dari http://jhelioviewer.org/. Software ini dapat berjalan di Mac, Windows, atau Linux

Comments Closed

Comments are closed.