Membeku 40 Juta Tahun Dalam Posisi Kawin

Author - March 3, 2011

Membeku 40 Juta Tahun Dalam Posisi Kawini-berita, Ilmuwan berhasil menemukan pasangan tungau sedang dalam posisi kawin dalam keadaan beku. Menurutnya, pasangan yang membeku ini telah membeku sekitar 40 juta tahun lamanya diduga pasangan ini sedang kawin sebelum membeku akibat gumpalan getah yang tak sengaja jatuh di atas mereka. Penemuan yang diungkapkan di Biological Journal of the Linnean Society itu membuktikan tungau betina di masa lalu lebih kuat dari pasangannya.

“Dalam spesies ini, tungau betina memiliki kendali parsial atau kontrol perkawinan yang kuat,” ujar Ilmuwan Pavel Klimov dari Museum of Zoology, University of Michigan, yang melakukan studi tersebut bersama ilmuwan Ekaterina Sidorchuck.

Perilaku seksual tungau mungkin lebih kompleks dan menarik daripada yang bisa manusia bayangkan berdasarkan ukuran mereka. Dalam spesies tungau saat ini, pejantan biasa memaksa betina untuk melakukan hubungan seksual. Pejantan bahkan sering merebut pasangan lain sekaligus menjaga betina mereka sebelum dan sesudah perkawinan.

Jika betina tidak ingin melakukan hubungan seksual maka tidak jarang, tungau jantan melakukan pemaksaan. Namun, berdasarkan penemuan terbaru itu, tungau betina tampak mengontrol kegiatan seksual dengan berada di belakang posisi tungau pejantan. Ini memungkinkan tungau betina memiliki kendali dalam proses perkawinan, berdasarkan keterangan MSNBC.

Comments Closed

Comments are closed.