Mengapa Manusia Pada Akhirnya Akan Mati?

Author - March 17, 2011

Mengapa Manusia Pada Akhirnya Akan Mati?i-berita, Semua manusia pasti tahu jika tak akan pernah ada yang abadi di dunia ini. Dunia hanyalah sementara dan kita semua pasti akan menghadapi kematian. Namun, jika dijelaskan secara teori, tahukah anda mengapa manusia pada akhirnya akan mati? Manusia mati secara alami karena sel yang ada di dalam tubuh telah mati. Setelah melakukan tugas-tugasnya, miliaran sel di tubuh manusia mati tiap harinya dan memberi kesempatan bagi sel-sel baru muncul.

Sel tua membuat manusia menua. Di dalam sel, telomere pada tiap kromosom yang menyimpan informasi genetik akan hilang bersama dengan divisi sel. Awalnya seperti dikutip sciencedaily, telomere cukup panjang untuk mengingat. Namun, setelah mencapai panjang tertentu, informasi akan hilang. Ketika sel yang terprogram mati menjadi rusak, hal ini dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan alzheimer. Kerusakan dari paparan sinar ultraviolet dan radikal bebas membuat sel-sel menjadi menua.

Tapi, jangan putus asa. Para ilmuwan berhasil memperpanjang kehidupan lalat, cacing dan tikus melalui utak-atik genetik atau teknologi yang meniru efek pembatasan kalori. Beberapa riset menunjukkan suatu hari nanti manusia bisa hidup hingga 140 tahun.

Comments Closed

Comments are closed.