Mogok Kerja, Ribuan Karyawan Freeport Tinggalkan Tambang

Author - July 4, 2011

i-Berita – Ribuan karyawan Freeport, saat ini meninggalkan areal tambang di mile 68 dan 78 Tembagapura menuju Kuala Kencana Timika di mile 38, dengan berjalan kaki. Tindakan ini sebagai bagian dari aksi mogok kerja untuk menuntut kesejahteraan para karyawan.

Aksi mogok yang kemungkinan diikuti 14.000 ribu karyawan, menuntut manajemen Freeport berdialog mengenai kesejahteraan. Para karyawan menuntut peningkatan kesejahteraan yang sudah lama disampaikan kepada Freeport.

Aksi mogok kerja sendiri sudah berlangsung sejak pukul 00.00 WIT dinihari tadi. mogok kerja ini membuat kegiatan tambang lumpuh total.

Sebelumnya, juru bicara PT FI, Ramdani Sirait mengimbau karyawan agar tidak mogok. Perusahaan melihat hal tersebut tidak dapat dibenarkan karena tidak didasarkan pada kegagalan perundingan mengingat perusahaan melalui berbagai korespondensi telah menyatakan kesediaannya untuk segera merundingkan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) 2011 – 2013 setelah adanya kejelasan mengenai penyelesaian masalah internal organisasi Pengurus Unit Kerja Federasi Serikat Pekerja – Kimia, Energi & Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia PT Freeport Indonesia, sebagaimana yang juga telah dikonfirmasi oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, pada 30 Juni 2011.

Comments Closed

Comments are closed.