Ternyata Musang Adalah Sahabat Manusia Pertama

Author - February 6, 2011

Ternyata Musang Adalah Sahabat Manusia Pertama – Percaya atau tidak ternyata musang adalah sahabat pertama manusia di bumi.Hal ini diketahui setelah para peneliti Antropolog Kanada menyelidiki tentang hal tersebut.Dengan temuan ini,para peneliti akhirnya membantah tentang Anjing adalah sahabat manusia pertama kali seperti diberitakan sebelumnya.

Dikutip dari laman inilah.com Edward Banning dari University of Toronto dan asisten melaporkan temuan kuburan tertua di kawasan Timur Tengah. Yakni sebuah situs di utara Yordania. Mereka mengatakan, kuburan itu berisi manusia bersandingan dengan seekor musang merah.

Hal tersebut mengindikasikan binatang itu mungkin dipelihara manusia jauh sebelum anjing. Banning menemukan kuburan berusia 16.500 tahun itu pada 2000 ketika ekspedisi bersama asisten profesor antropologi di institut U of T di University of Cambridge Lisa Maher.

Banning mengatakan, penggalian terbaru di situs itu menemukan 11 jenazah, kebanyakan mereka dikubur bersama alat-alat yang terbuat dari batu, hewan, dan benda-benda lainnya. Setidaknya terdapat dua makam berisi kerangka musang merah.

Hal itu membuat peneliti berkesimpulan, musang dipelihara layaknya anjing di masa lalu. “Yang kami temukan adalah sebuah kasus di mana musang mati dikubur bersama pemiliknya,” kata Maher.

Kuburan itu kemudian dibuka kembali dan jenazah manusia dipindahkan bersama musang itu, tambahnya. Studi menunjukkan musang bisa dikendalikan manusia. Namun kebiasaan alamiah mereka tak mudah dijinakkan, berbeda dengan anjing.

Penelitian sebelumnya menemukan kuburan berusia 12-15 ribu tahun. Beberapa dari kuburan berisi manusia dikubur bersama anjing. Dalam beberapa kasus kuburan, seorang wanita dikubur bersama hewan peliharaannya. Selain itu juga terdapat kuburan berisi tiga manusia, dua anjing dan beberapa kura-kura.

Comments Closed

Comments are closed.