Negara Dengan Gaji TKI Tertinggi

Author - June 20, 2011

Negara Dengan Gaji TKI Tertinggii-berita, Banyak warga Indonesia yang memilih untuk menjadi pembantu rumah tangga di luar negeri dengan alasan gaji yang didapatkan lebih tinggi. Tak peduli dengan risiko yang bisa saja terjadi seperti ancaman kekerasan, dengan hasil yang menggiurkan mereka tetap pergi untuk bekerja di luar negeri. Faktor tersebut terjadi dikarenakan sulitnya lahan pekerjaan di negara sendiri sehingga memaksa mereka untuk mencari pekerjaan di negara lain. Gaji yang mereka dapatkan pun bisa menghidupi sanak keluarganya di Indonesia bahkan kehidupan mereka pun menjadi layak.

Berikut adalah gaji berdasarkan kawasan negara tempat penempatan kerja TKI:

Asia Tenggara
Struktur gaji TKI informal di setiap negara, untuk Malaysia sebagian besar menerima Rp1-1,5 juta. Gaji tersebut telah sesuai dengan gaji minimum yang ditetapkan yaitu MYR500 atau sebesar Rp1,3 juta. TKI di Singapura menerima Rp1,5-2 juta, telah sesuai juga dengan standar minimum sebesar Rp1,5-2 juta.

Sementara itu, di Brunei, mayoritas menerima Rp2,5-3 juta, justru lebih tinggi dibandingkan standar minimum gaji sebesar Rp2,3 juta per bulan.

Asia Timur
Untuk TKI di kawasan Asia Timur rata-rata memperoleh Rp4-4,5 juta. Untuk TKI di Korea Selatan seluruhnya memperoleh gaji Rp4-4,5 juta, sudah sesuai dengan rata-rata standar gajinya.

Sementara itu, di Taiwan rata-rata standar gaji sebesar Rp4 juta. Namun, berdasarkan hasil survei, gaji yang diperoleh di atas Rp4 juta, mencapai sekitar 41 persen. TKI di Hong Kong menerima gaji mayoritas Rp4-4,5 juta, sudah sesuai dengan standar minimum sebesar Rp4 juta.

Namun, terdapat sekitar 46 persen yang memperoleh gaji di bawah standar. Untuk TKI yang ditempatkan di China (hanya 2 responden) menyatakan memperoleh gaji antara Rp2-3 juta.

Timur Tengah
TKI di kawasan Timur Tengah mayoritas menerima gaji antara Rp1–2 juta. TKI di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab memperoleh Rp1–2 juta, sudah sesuai dengan standar minimum gaji sebesar Rp1,9 juta. Untuk TKI di Bahrain, Qatar, dan Jordania juga sudah sesuai dengan standar gaji minimum sebesar Rp1,8 juta. Tetapi untuk TKI di Kuwait dan Oman menerima gaji Rp1-1,5 juta di bawah standar minimum.

Comments Closed

Comments are closed.