Panglima TNI Belum Baca Dokumen Operasi Kopasus Yang Bocor

Author - November 11, 2010

Panglima TNI Belum Baca Dokumen Operasi Kopasus Yang Bocor i-berita.com, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengaku belum mengetahui kabar bocornya dokumen rahasia Kopassus tentang operasi militer di Papua tahun 2007. Ia tidak membantah, juga tidak membenarkan, bocornya dokumen yang berklasifikasi rahasia itu.
Bocornya dokumen rahasia Kopassus itu disampaikan oleh peneliti asal Amerika Serikat bernama Allan Nairn. Ia menulis dalam blognya tertanggal 9 November, dua hari lalu, bertepatan dengan datangnya Presiden AS Barack Obama ke Indonesia. Tulisan Allan berjudul: Secret Files Show Kopassus, Indonesia’s Special Forces, Target Papuan Churces, Civilians. Documents Leak from Notorious US-Backed Unit as Obama Lands in Indonesia.

Di dalam dokumen itu disebutkan tentang operasi militer, kegiatan mata-mata, dan laporan operasi lapangan yang dilakukan Kopassus di Papua. Target operasinya yakni warga sipil Papua, yang terdiri atas pemuka agama, aktivis, politisi, pelajar, dan cendekiawan yang selama ini bersikap kritis terhadap pemerintah.

Menanggapi hal itu, Agus mengatakan, operasi militer yang dilakukan pasukan TNI di Papua terdiri dari dua macam. Pertama, operasi militer dalam konteks menjaga daerah perbatasan. Kedua, operasi militer untuk dalam negeri, yakni dilakukan oleh pasukan kewilayahan untuk mendukung (back up) kerja kepolisian.

Comments Closed

Comments are closed.