Pembebasan Ayin Ditangguhkan

Author - January 27, 2011

Pembebasan Ayin Ditangguhkani-berita, Tersangka kasus penyuapan kepada Jaksa, Artalyta Suryani, terancam batal dibebaskan dengan bersyarat. Jadwal pembebasan yang seharusnya hari ini (27/1/2011), sampai saat ini Ayin belum menerima surat keterangan pembebasan dari Jaksa. Mengenai hal tersebut, pengacara Ayin, mempertanyakan kebijakan pemerintah, khususnya keneterian hukum dan hak asasi manusia (HAM) yang tidak juga memberikan hak bebas bersyarat terhadap kliennya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Ayin menangis dan mengaku tidak tahan untuk tinggal lebih lama di dalam tahanan. “Apa alasannya mereka menahan hak klien saya? Keluarga disini pun hanya bisa mengharapkan belas kasihan,” ujar Kaligis saat ditemui di ruang tahanan Ayin. Tim pengacara sudah tidak dapat melakukan apa-apa lagi. “Percuma kami mengadu ke pengadilan pun. Karena hakimnya sudah takut duluan sama penguasa,” tambah Kaligis.

Seperti yang diberitakan pada sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar mengatakan bahwa hak bebas bersyarat Ayin jatuh pada 27 Januari 2011 yang tepatnya hari ini. Saat itu, Patrialis menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa menghalangi hak napi. Terhitung hingga saat ini, Ayin telah menjalani 2/3 dari masa tahanannya, 4 tahun enam bulan dalam perkara menyuap jaksa Urip Tri Gunawan.

Comments Closed

Comments are closed.